Ethiopia pamerkan sistem SPH SH-15 yang dibeli dari China, jangkauan tembakan maksimum 30 km

H-15 SPHVia Hammer of War
ROE

AIRSPACE REVIE (airspace-review.com) – Angkatan Bersenjata Ethiopia baru-baru ini memamerkan sebagian dari 32 self-propelled howitzer SH-15 miliknya, yang dibeli dari China.

Foto sistem artileri medan bergerak ini dimuat akun X Hammer Of War pada 17 November 2023.

Boeing_contoh2

Diketahui gelombang pertama sistem SH-15 ini telah diterima Angkatan Darat Ethiopia pada bulan Januari 2023.

Kala itu, situs Military Africa melaporkan bila SH-15 ini kemungkinan besar dibeli untuk digunakan dalam konflik Tigray, namun mereka terlambat datang untuk berpartisipasi.

Namun kehadiran SH-15 ini tetap dianggap penting untuk menghadapi konflik lainnya dengan negara tetangga yang mungkin terjadi.

Memburuknya hubungan antara Khartoum, Kairo, dan Addis Ababa mengenai wilayah perbatasan yang disengketakan terus menjadi sumber potensi konflik.

Versi ekspor dari PCL-181

Mengenai sistem SH-15, merupakan versi ekspor dari PCL-181 milik militer China yang dirancang dan diproduksi oleh perusahaan pertahanan China, NORINCO.

Sebagai platformnya adalah truk Taian GM 6X6 dengan bobot total 28 ton. Kendaraan dibekali mesin diesel berdaya 520 hp, kecepatan maksimumnya 90 km/jam dengan jangkauan operasi hingga 500 km.

Untuk mengoperasikannya, SH-15 diawaki lima kru yakni pengemudi, penembak, dan tiga pemuat munisi artileri.

SH-15 mengusung howitzer kaliber 155/52 mm, yang mampu menembakkan berbagai macam peluru. Termasuk peluru berdaya ledak tinggi, penusuk lapis baja, dan peluru asap.

Jangkauan tembak maksimumnya sekitar 30 km dan dapat menembak hingga 6 putaran per menit.

SH-15 dilengkapi sistem pemuatan semi-otomatis, yang mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memuat dan menembakkan senjata.

Kendaraan memiliki kapasitas penyimpanan amunisi hingga 30 peluru dan dapat membawa peluru tambahan dalam kendaraan terpisah.

SH-15 dilengkapi dengan sistem pengendalian tembakan canggih yang mencakup komputer balistik digital, GPS, dan pengintai laser.

Sisten ini emberikan informasi penargetan yang akurat dan memungkinkan penembak dengan cepat menyesuaikan bidikan senjata untuk mengimbangi faktor-faktor seperti angin dan suhu.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *