Setelah Ukraina, kini giliran Polandia yang menginginkan M1150 Assault Breacher Vehicle dari Paman Sam

M1150 ABVVia front_ukrainian
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sejak pecah perang antara Rusia dengan Ukraina, Polandia semakin memperkuat sistem pertahananya. Warsawa memborong beragam alutsista dalam jumlah besar terutama dari Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Khusus dari Paman Sam, setelah memborong Tank Tempur Utama (MBT) M1 Abrams, mereka juga mengingatkan kendaraan lapis baja rekayasa khusus M1150 ABV (Assault Breacher Vehicle) yang dibangun di atas sasis tank M1 Abrams

Boeing_contoh2

Baru-baru ini Badan Persenjataan Kementerian Pertahanan Polandia ini mengungkapkan negosiasinya dengan Amerika Serikat guna mendapatkan 25 kendaraan lapis baja khusus M1150 ABV, Bulgarian Military melaporkan (18/11).

Sebelumnya, Angkatan Bersenjata Ukraina terlebih dahulu mendapatkan dan mengoperasikan sejumlah M1150 ABV sumbangan dari Amerika Serikat.

Mengenai M1150 ABV, ini adalah kendaraan khusus untuk membersihkan ladang ranjau untuk membuka jalan bagi kendaraan tempur kawan bergerak maju bertempur.

Alat berat ini mengintegrasikan sistem bajak konvensional, ditambah dengan mekanisme penembakan muatan eksplosif linier (Linear Demolition Charge System) yang meluncurkan roket yang membawa bahan peledak C-4.

Kombinasi unik ini memberdayakan M1150 ABV untuk meledakkan jalur ladang ranjau sepanjang sekitar 100-150 m dalam satu operasi..

Sebagai senjata bela diri, M1150 ABV dibekali sebuah senapan mesin kaliber 12,7 mm di atapnya.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *