Usai latihan RAS dan penembakan, KRI GNR-332 berangkat ke RIMPAC 2022

Latihan Penembakan dan RAS KRI GNR-332Koarmada II

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Usai melaksanakan latihan pembekalan (RAS) dan latihan penembakan, KRI I Gusti Ngurah Rai (GNR)-332 berangkat untuk melaksanakan Latihan Bersama Multilateral Rim of Pacific (RIMPAC) 2022 di Hawaii, Amerika Serikat.

Latihan RAS dilaksanakan di Laut Jawa dengan materi latihan Replenishment at Sea (RAS) dilaksanakan dengan KRI Bontang-907.

RAS merupakan kegiatan pemberian perbekalan kepada kapal yang bergerak di tengah laut. Dalam hal ini melaksanakan pengisian bahan bakar berupa maupun bahan logistik lainnya termasuk air tawar dan bahan makanan.

Dengan metode RAS kapal yang sedang beroperasi dapat terus melaksanakan operasinya tanpa harus kembali ke pangkalan untuk mengisi perbekalan, khususnya bahan bakar.

Koarmada II TNI Angkatan Laut dalam siaran persnya menyatakan, pada uji coba RAS Satgas Latma Multilateral RIMPAC 2022 berhasil menghubungkan Probe dari KRI Bontang dengan Bellmouth yang ada di KRI GNR.

RAS sangat penting bagi ketahanan angkatan laut yang dapat berlangsung cukup lama di laut.

Di Hawaii, lanjut Koarmada II, KRI GNR akan melaksanakan Sea Phase. Unsur-unsur kapal perang dari berbagai negara akan melaksanakan latihan bersama di laut selama 21 hari dengan berbagai serial latihan yang telah dipersiapkan baik spektrum darat, laut, dan udara.

Selama waktu tersebut pembekalan hanya dapat dilakukan dengan metode RAS.

Seluruh kegiatan latihan tersebut telah terlaksana dengan lancar dan aman. Semua materi dapat tersalurkan dengan baik dan personel maupun materi aman.

Pada latihan RIMPAC 2022, KRI GNR akan melaksanakan delapan kali RAS dengan kapal-kapal dari negara lain peserta latihan.

Sementara itu, pada pelaksanaan latihan menembak Meriam, KRI I Gusti Ngurah Rai sebelumnya telah menembakkan 12 butir amunisi meriam kaliber 76 mm, 24 butir peluru meriam 35 mm, dan dua sesi menembak meriam 20 mm ke arah target killer tomato.

Para personel Satgas RIMPAC 2022 juga melaksanakan latihan menembak menggunakan senapan M-16 untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan menembak personel satgas.

Pada puncak pelaksanaan Latma RIMPAC 2022, KRI I Gusti Ngurah Rai beserta 35 prajurit Marinir TNI AL akan berlatih dengan kapal-kapal dan personel militer dari 28 negara peserta Latma RIMPAC 2022.

Unsur-unsur kapal perang dari berbagai negara akan melaksanakan latihan bersama di laut dengan berbagai serial latihan yang telah dipersiapkan baik spektrum darat, laut dan udara.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *