Iran mengungkap rudal hipersonik Fattah (Sang Penakluk) 2, dapat menjangkau sasaran sejauh 1.400 km dengan kecepatan Mach 13

Rudal hipersonik Fattah 2Tasnim

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Iran mengungkap rudal hipersonik Fattah 2 (Sang Penakluk 2) dalam pameran persenjataan di Ashura Aerospace Science and Technology University.

Rudal ini dilengkapi dengan kendaraan luncur hipersonik, Kantor Berita Republik Islam (IRNA) melaporkan.

“Selama kunjungan Pemimpin Tertinggi Revolusi Islam Ayatollah Seyyed Ali Khamenei ke pameran prestasi Pasukan Dirgantara Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC), rudal hipersonik ‘Fattah 2’ buatan Iran diresmikan,” tulis IRNA.

Pameran tersebut diadakan di Ashura Aerospace Science and Technology University untuk memamerkan kemajuan terbaru dalam teknologi kedirgantaraan Iran.

Pengungkapan rudal hipersonik Iran terjadi beberapa bulan setelah Iran mengumumkan keberadaan rudal hipersonik pertamanya yang diproduksi di dalam negeri.

Kantor Berita Tasnim melaporkan, Fattah-2 dilengkapi dengan hulu ledak Hypersonic Glide Vehicle (HGV) yang mampu bermanuver dan meluncur dengan kecepatan hipersonik.

Rudal ini diluncurkan pertama kali pada bulan Juni lalu. Rudal Fattah 2 merupakan rudal dua tahap yang dipandu secara presisi.

Rudal ini dapat mencapai sasaran dalam jarak 1.400 km dengan kecepatan mencapai Mach 13 (16.000 km/jam).

Rudal dilengkapi dengan bahan bakar padat, mesin berbentuk bulat, serta nozel yang dapat bergerak yang memungkinkan rudal tersebut bermanuver ke segala arah, baik di dalam maupun di luar atmosfer Bumi.

-JDN-​

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *