Kalashnikov pasok rudal pertahanan udara Strela-10 baru ke Angkatan Bersenjata Rusia

Rudal Strela 10Istimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Bersenjata Rusia dikabarkan telah menerima pengiriman sejumlah rudal permukaan ke udara 9M333 baru dari perusahaan persenjataan Kalashnikov Concern.

Rudal yang dikenal sebagai Strela-10 tersebut diproduksi dan dikirim ke tentara Rusia berdasarkan dua kontrak pemerintah lebih cepat dari jadwal, menurut rilis berita perusahaan.

Rudal ini dirancang untuk menjatuhkan pesawat dan helikopter serta berbagai jenis drone yang terbang rendah.

Rudal permukaan ke udara 9M333 memiliki jangkauan horizontal 5.000 m dan jangkauan ketinggian 10 m hingga 3.500 m. Dapat menyerang target yang bergerak dengan kecepatan 679 m/detik.

Untuk spesifikasinya, rudal 9M333 memiliki berat 41 kg, panjang 219 cm, diameter 12 cm, dan dibekali hulu ledak Frag-HE seberat 5 kg.

Rudal menggunakan sistem panduan pencari ‘fotokontras’/IR pasif mode ganda.

Sistem Strela-10 ditempatkan pada kendaraan tempur beroda rantai MT-LB yang diawaki oleh tiga kru terdiri dari komandan, penembak dan pengemudi.

Keluarga sistem rudal pertahanan udara jarak dekat yang dijuluki NATO sebagai SA-13 Gopher ini mulai berdinas sejak 1976.

Telah dilibatkan dalam berbagai palagan termasuk Perang Saudara Angola Perang, Perang Iran–Irak Perang Teluk, Perang Saudara Afghanistan (1989-1992), dan Perang Saudara Afghanistan (1992-1996).

Lalu Perang Kosovo, Perang Saudara Suriah Perang Nagorno-Karabakh Kedua, hingga Perang
Rusia-Ukraina saat ini.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *