Latgab TNI 2023: Tim Aksus Satbravo Kopasgat lumpuhkan objek strategis musuh

Satbravo 90 Kopasgat TNI AU dalam Latgan TNI 2023TNI
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Tim Aksus Satbravo 90 Kopasgat TNI AU terlibat dalam Latihan Gabungan (Latgab) TNI 2023. Tim berhasil melumpuhkan objek strategis musuh.

Para personel pasukan khusus itu diangkut dari Lanud Abdulrachman Saleh, Malang menggunakan pesawat CN295 pada Sabtu dini hari (29/7).

Mereka dilengkapi dengan perlengkapan IPP Set lengkap guna melaksanakan perintah dari komando atas untuk melumpuhkan sasaran strategis musuh yang berada di area Bandara Internasional Blimbing Sari, Banyuwangi Jawa Timur, seperti disiarkan oleh Puspen TNI.

Beberapa menit sebelum penerjunan, para prajurit Satuan Bravo 90 Kopasgat mengecek kembali kesiapan perlengkapan yang dipakai untuk memastikan penerjunan berjalan dengan lancar.

Setelah pesawat berada tepat di atas area DZ di Blimbing Sari dengan ketinggian 9.000 feet di atas permukaan laut, para personel Satbravo pun mulai meloncat satu per satu menembus keheningan malam di terangi cahaya bulan yang tertutup awan tipis.

Dalam latihan tersebut, area DZ tidak terlihat tanda sama sekali, dengan tujuan agar kemampuan tempur para prajurit semakin terasah seperti di medan tempur yang sebenarnya.

Berbekal titik koordinat DZ, 14 personel Satbravo 90 Kopasgat meluncur menggunakan parasut freefall dengan senyap ke arah pendaratan yang gelap gulita tanpa ada penerangan sama sekali.

Setelah area DZ ditemukan, personel Satbravo pun melaksanakan pendaratan tepatnya di area persawahan sekitar Belimbing Sari.

Target sasaran musuh masih berada di jarak 4 km dari titik pendaratan, personel satbravo setelah melaporkan kondisi pasukan ke komando atas, langsung bergerak menuju sasaran secara cepat dan senyap.

Tepat pukul 05.00 WIB, Tim Aksus Satbravo 90 Kopasgat melaksanakan penyerangan ke target sasaran musuh yaitu Gedung Main Power Station yang dijaga ketat di Bandara Internasional Belimbing Sari.

Pada penyerangan tersebut, sebanyak tujuh personel musuh berhasil dilumpuhkan dan pusat Main Power Station berhasil di sabotase.

Berkat keseriusan dan kegigihan, latihan operasi khusus itu berjalan dengan baik dan lancar.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *