Akhirnya Turkiye setujui Swedia masuk menjadi anggota NATO

Turki setujui Swedia masuk ke NATONATO

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Turkiye akhirnya menyetujui protokol aksesi Swedia untuk masuk dalam keanggotaan NATO. Sebelumnya Ankara menolak Swedia dalam keanggotaan NATO karena menilai Stockholm mendukung terorisme.

Berbicara di Vilnius pada hari Senin, 10 Juli 2023, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menyambut baik kesepakatan Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan untuk meneruskan protokol aksesi Swedia ke Grand National Assembly sesegera mungkin, dan bekerja sama dengan Majelis untuk memastikan ratifikasi tersebut.

Pengumuman ini datang setelah pertemuan antara Sekretaris Jenderal, Presiden Erdogan, dan Perdana Menteri Ulf Kristersson, tulis NATO di lamannya.

“Memorandum yang disimpulkan setahun lalu di KTT Madrid telah disampaikan,” kata Stoltenberg.

“Ini telah memberikan lebih banyak dalam perjuangan kami melawan terorisme, lebih banyak keamanan untuk Türkiye, dan NATO yang lebih kuat,” tambah dia.

Stoltenberg mencatat, Swedia dan Türkiye telah bekerja sama secara erat sejak KTT NATO tahun 2022 di Madrid untuk mengatasi masalah keamanan Türkiye yang sah, dan bahwa sebagai bagian dari proses itu, Swedia telah mengubah konstitusinya, mengubah undang-undangnya, secara signifikan memperluas kerja sama kontra-terorisme melawan terorisme.

“PKK, dan melanjutkan ekspor senjata ke Türkiye. Kerja sama Swedia dengan Türkiye dalam perang melawan terorisme akan berlanjut di luar aksesi,” lanjut Sekjen NATO.

Ditambahkan, menyelesaikan aksesi Swedia ke NATO adalah langkah bersejarah yang menguntungkan keamanan semua Sekutu NATO pada saat kritis ini. “Itu membuat kita semua lebih kuat dan lebih aman,” tandas Stoltenberg.

Pada 10 Juli 2023, Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdoǧan, Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson , dan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg bertemu di KTT NATO di Vilnius. Berikut sepuluh kesepakatan yang mereka hasilkan dari pertemuan tersebut:

Sejak KTT NATO terakhir, Swedia dan Türkiye telah bekerja sama secara erat untuk mengatasi masalah keamanan yang sah di Türkiye. Sebagai bagian dari proses itu, Swedia telah mengamandemen konstitusinya, mengubah undang-undangnya, secara signifikan memperluas kerja sama kontra-terorisme melawan PKK, dan melanjutkan ekspor senjata ke Türkiye, semua langkah yang ditetapkan dalam Memorandum Trilateral yang disepakati pada tahun 2022.

Swedia dan Türkiye hari ini setuju untuk melanjutkan kerja sama mereka di bawah Mekanisme Bersama Permanen Trilateral yang dibentuk pada KTT NATO Madrid 2022, dan di bawah Perjanjian Keamanan bilateral baru yang akan bertemu setiap tahun di tingkat menteri dan membentuk kelompok kerja yang sesuai. Pada pertemuan pertama Pakta Keamanan ini, Swedia akan menyajikan peta jalan sebagai dasar perjuangan berkelanjutannya melawan terorisme dalam segala bentuk dan manifestasinya menuju implementasi penuh semua elemen Memorandum Trilateral, termasuk pasal 4. Swedia menegaskan kembali akan tidak memberikan dukungan kepada YPG/PYD, dan organisasi yang digambarkan sebagai FETO di Türkiye.

Baik Swedia maupun Türkiye sepakat bahwa kerja sama kontra-terorisme adalah upaya jangka panjang, yang akan berlanjut setelah Swedia bergabung dengan NATO. Sekretaris Jenderal Stoltenberg juga menegaskan kembali bahwa NATO dengan tegas mengutuk terorisme dalam segala bentuk dan manifestasinya. NATO akan secara signifikan meningkatkan pekerjaannya di bidang ini, termasuk oleh Sekretaris Jenderal yang mendirikan, untuk pertama kalinya di NATO, jabatan Koordinator Khusus untuk Penanggulangan Terorisme.

Kami berkomitmen pada prinsip bahwa tidak boleh ada pembatasan, hambatan, atau sanksi terhadap perdagangan dan investasi pertahanan di antara Sekutu. Kami akan bekerja untuk menghilangkan hambatan tersebut.

Swedia dan Türkiye juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama ekonomi, melalui Komite Ekonomi dan Perdagangan Bersama Türkiye-Swedia (JETCO). Baik Türkiye dan Swedia akan berupaya memaksimalkan peluang untuk meningkatkan perdagangan dan investasi bilateral. Swedia akan secara aktif mendukung upaya untuk menghidupkan kembali proses aksesi UE Türkiye, termasuk modernisasi Uni Pabean UE-Türkiye dan liberalisasi visa.

Atas dasar ini, dan mengingat pentingnya pencegahan dan pertahanan kawasan Euro-Atlantik, Türkiye akan mengirimkan Protokol Aksesi untuk Swedia ke Majelis Nasional Agung, dan bekerja sama dengan Majelis untuk memastikan ratifikasi.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *