Klavesin-1RE, drone bawah air Rusia dengan kemampuan menyelam hingga 6 km

Klavesin-1RE UUVROE
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rosoboronexport JSC (bagian dari Rostec State Corporation) akan memamerkan Klavesin-1RE, Kendaraan Bawah Air Tak Berawak (UUV) otonom mutakhirnya dalam Pameran Pertahanan Maritim Internasional tahun ini di St. Petersburg. Kendaraan robot semacam ini akan diminati baik di pasar dalam negeri maupun luar negeri, tulis Rosoboronexport dalam rilisnya.

“Rosoboronexport mengamati dengan cermat tren di pasar senjata global,” kata Alexander Mikheev, Direktur Jenderal Rosoboronexport.

Boeing_contoh2

Ditambahkan, fokus utama perusahaan sekarang adalah peralatan militer tak berawak, sistem robot.

“Kendaraan dan sistem tak berawak diharapkan dapat digunakan di semua lingkungan – di darat, di udara, di atas dan di bawah air,” ujarnya.

Dijelaskan, Klavesin-1RE (secara harfiah berarit Piano Kuno) merupakan UUV otonom terbaru. Ini adalah pengembangan Rusia yang sepenuhnya asli, yang memiliki sejumlah karakteristik unik, memungkinkannya menempati posisi teratas di segmennya.

Klavesin-1RE dirancang dapat melakukan operasi pengawasan dan pencarian, memeriksa objek dasar pada kedalaman mulai dari 5 hingga 6000 m (6 km) saat beroperasi dalam mode otonom dan juga dalam mode koreksi melalui saluran komunikasi hidroakustik dari kapal pengangkut.

UUV ini memungkinkan untuk melakukan survei topografi bawah menggunakan sonar dan mengidentifikasi objek yang layak untuk pemeriksaan terperinci di atas kapal pengangkut.

Klavesin-1RE mampu memeriksa objek bawah air secara detail menggunakan sonar, TV dan sensor elektromagnetik, serta secara otomatis mengidentifikasi dan melacak objek yang diperluas menggunakan TV dan pelacak elektromagnetik.

Selain itu, drone bawah air ini dapat melakukan profil akustik dasar laut dan mengukur parameter lingkungan di seluruh rentang kedalaman operasional dan kecepatan gerak.

Sistem UUV dapat dioperasikan dalam segala kemungkinan kondisi hidrologi, di Sea State 3 dan pada suhu air dari -4°C hingga +35°C. Operasi peluncuran dan pemulihan yang melibatkan UUV dapat dilakukan dengan kecepatan angin hingga 15 m/dtk, dan sistem dapat disimpan dan diangkut pada suhu lingkungan dari -50°C hingga +70°C.

“Dengan spesifikasi teknis yang dimilikinya, kendaraan bawah laut tak berawak Klavesin-1RE dapat dioperasikan baik di iklim tropis panas maupun di kawasan Arktik,” lanjut Mikheev.

Ditandaskan, Rosoboronexport siap mempertimbangkan berbagai opsi pengiriman untuk Klavesin-1RE UUV sebagai produk akhir, serta kerja sama drone melalui kerja sama industri untuk kepentingan angkatan laut mitra kami.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *