Ada masalah teknis dengan mesin, Boeing 777 Air India tujuan San Francisco terpaksa mendarat di Rusia

Air IndiaReuters
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pesawat badan lebar Boeing 777-200LR milik Air India dengan nomor penerbangan AI173 dari Bandara Internasional Indira Gandhi di Delhi tujuan San Francisco, Amerika Serikat terpaksa dialihkan dan mendarat di Magadan, Rusia pada hari Selasa, 6 Juni 2023.

Pesawat dengan registrasi VT-ALH itu diberitakan mendarat di Rusia setelah mengalami masalah teknis dengan salah satu mesinnya. Pesawat diawaki 16 kru dan membawa 216 penumpang.

Airbus_contoh2

Usai mendarat, pihak Air India mengatakan penumpang diberi pilihan alternatif untuk mencapai tujuan mereka sesegera mungkin.

Pengalihan pesawat terjadi sehari setelah kepala maskapai penerbangan terbesar di dunia mengemukakan masalah keamanan maskapai penerbangan yang terbang melalui wilayah udara Rusia dengan warga Amerika di dalamnya.

“Apa yang akan terjadi jika sebuah maskapai penerbangan mendarat di Rusia dengan beberapa warga AS terkemuka di dalamnya? Itu adalah potensi krisis yang sedang terjadi,” kata Scott Kirby, CEO United Airlines, Senin, dikutip Reuters.

“Saya pikir kita harus menyelesaikannya sebelum krisis terjadi.”

Rusia telah melarang maskapai penerbangan AS dan maskapai asing lainnya menggunakan wilayah udaranya. Hal ini dilakukan sebagai pembalasan atas Washington yang melarang penerbangan Rusia di atas AS pada Maret 2022 setelah Presiden Putin mengirim pasukan ke Ukraina.

Namun, Air India dan beberapa maskapai yang berbasis di Teluk, China, dan Afrika bisa terbang di atas Rusia, membuat waktu terbang lebih pendek. Hal ini membuat pesaing dari Amerika Serikat dan Eropa, tidak kompetitif.

Pada bulan Februari, senator AS mendesak pemerintahan Joe Biden melarang maskapai China dan maskapai non-Amerika lainnya yang terbang di atas Rusia dengan rute AS.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *