MBDA berharap dapat memenangkan kompetisi pengadaan sistem pertahanan rudal Spanyol

MBDA Mistral 3MBDA
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.coom) – Spanyol segera menggelar kompetisi pada bulan ini untuk pengadaan sistem rudal pertahanan udara. Diharapkan kontrak pengadaan dapat ditandatangani pada akhir Juli.

Cabang MBDA yang berbasis di Spanyol mengharapkan dapat memenangkan tender ini.

Boeing_contoh2

“Kami berharap tender akan diumumkan pada akhir Mei dan penandatanganan kontrak pada akhir Juli untuk pengadaan sistem rudal pertahanan udara. Kami siap menyediakan lebih dari 600 Mistral 3 untuk angkatan udara, angkatan laut dan darat Spanyol,” kata María Durán, Pemimpin MBDA cabang Spanyol seperti diberitakan Defense News.

Ia menambahkan bahwa pengiriman sistem pertahanan udara dapat dimulai paling cepat tahun 2025 hingga tahun 2032.

MBDA memamerkan tiga model rudal yang berbeda pada konferensi pertahanan FEINDEF di Madrid, 17-19 Mei, yaitu Meteor, Brimstone, dan Mistral 3.

Spanyol dilaporkan mengalokasikan €330 juta euro (358 juta USD) untuk peluncuran program pembelian rudal antipesawat.

Durán mengatakan diskusi dengan Spanyol untuk akuisisi Mistral 3 telah dilaksanakan sejak tahun 2015. Namun upaya tersebut masih tertunda karena kekurangan anggaran.

Kini situasinya berbeda di mana pemerintah Spanyol menjanjikan investasi pertahanan yang cukup besar untuk memenuhi tujuan membelanjakan setidaknya 2% dari produk domestik bruto untuk pertahanan pada tahun 2029.

NATO mendorong para anggotanya mengalokasikan anggaran sebesar itu setiap tahunnya.

Rudal permukaan-ke-udara jarak pendek Mistral 3 dilengkapi dengan pencari pencitraan inframerah dan kemampuan pemrosesan gambar canggih.

Hal itu memungkinkannya untuk melibatkan target dengan termal rendah seperti drone dan rudal bertenaga turbojet.

Pada bulan Maret kepala eksekutif perusahaan mengatakan, MBDA mempercepat produksi Mistral 3 dari 20 menjadi 30 per bulan sebagai akibat dari tekanan di seluruh Eropa untuk memasok lebih banyak senjata.

Negara-negara Eropa sedang berbelanja karena mereka ingin terus mempersenjatai Ukraina, yang berada di bawah invasi Rusia, dan mengisi kekosongan dalam inventaris mereka yang tersisa dari sumbangan ke Kyiv.

Rudal Mistral telah diproduksi selama lebih dari tiga dekade dan dioperasikan oleh puluhan militer dalam konfigurasi berbeda di seluruh dunia. Varian terbaru telah menunjukkan kemampuan untuk mencegat target bergerak pada jarak 8 km (5 mil).

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *