Denmark akan melatih pilot Ukraina dengan F-16

F-16 DenmarkVia Flymag

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Denmark menyatakan akan melatih pilot Ukraina dengan Jet Tempur F-16 dan siap berdiskusi untuk upaya mentransfer pesawat tempur tersebut ke Kyiv.

Hal itu dikatakan Penjabat Menteri Pertahanan Denmark Troels Lund Poulsen pada 19 Mei kepada media Denmark DR dan Ritzau, seperti diberitakan Kyiv Independent.

“Kami terbuka untuk berdiskusi – setelah kami melakukan upaya pelatihan – apakah kami harus melangkah lebih jauh dan menyumbangkan pesawat tempur F-16,” ujar Poulsen.

Sementara itu Portugal juga telah setuju untuk melatih pilot dan mekanik Ukraina untuk mengoperasikan pesawat tempur buatan Barat, ujar Kementerian Luar Negeri Ukraina.

Kesiapan Denmark dan Portugal untuk memberikan pelatihan terhadap pilot-pilot Ukraina muncul tak lama setelah Presiden AS Joe Biden menyetujui rencana negara-negara Eropa untuk melatih personel Angkatan Udara Ukraina menggunakan jet F-16, kata seorang pejabat senior AS, dikutip CNN.

Sebelumnya pada 17 Mei, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dan rekannya dari Belanda Mark Rutte setuju untuk membentuk koalisi internasional guna membantu memperoleh F-16 untuk Ukraina. Koalisi akan dibentuk tahun ini, kata Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba.

Menurut Kuleba, beberapa sekutu Ukraina telah menyatakan kesediaannya untuk melatih para personel Ukraina tentang cara mengoperasikan jet tempur Barat dan negara lain siap menyediakan pesawat tersebut.

Direncanakan, pelatihan akan segera dilaksanakan dalam beberapa minggu ke depan.

-KMZ-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *