Slovenia diam-diam kirimkan 20 Valuk 6X6 APC ke Ukraina

Valuk 6X6 APCValuk 6X6
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Slovenia secara diam-diam dikabarkan telah mengirimkan 20 kendaraan Pengangkut Personel Lapis Baja (APC) Valuk 6X6 ke Ukraina dalam minggu ini.

Informasi ini disampaikan oleh situs berita Slovenia 44UR.com pada 26 April 2023.

Boeing_contoh2

Namun demikian belum ada konfirmasi resmi dari Pemerintah Slovenia terkait pengiriman panser tersebut ke Ukraina.

Disebutkan, Valuk yang disumbangkan oleh Slovenia ke Ukraina berasal dari inventaris militer Angkatan Bersenjata Slovenia.

Dilansir Army Recognition (26/4) Angkatan Bersenjata Slovenia saat ini memiliki total 85 unit Valuk.

Mengenai Valuk, panser ini diproduksi di Slovenia di bawah perjanjian manufaktur berlisensi dengan perusahaan Austria, Steyr Daimler Puch Spezialfahrzeug (sekarang menjadi bagian dari General Dynamics Land Systems – Eropa).

Platform aslinya adalah Panser Pandur 6X6 yang dikembangkan dalam empat varian yakni APC, ambulans, pembawa mortir, dan versi kawal.

Untuk versi APC diawaki tiga personel, termasuk pengemudi, komandan, dan penembak. Bagian belakang kendaraan dapat menampung hingga enam prajurit infanteri.

Boeing

Atap kendaraan dilengkapi dengan turret terbuka yang dapat dipersenjatai dengan senapan mesin berat 12,7 mm atau peluncur granat otomatis 40 mm.

Valuk ditenagai oleh mesin diesel turbo Steyr 612.35 yang menghasilkan laju kendaraan mencapai 110 km/jam.

Mengenai sumbangan senjata, sejak awal perang Rusia-Ukraina, Pemerintah Slovenia telah memasok bantuan 28 tank tempur utama M55S.

Termasuk juga 35 Kendaraan Lapis Baja Lacak M80A, 16 Howitzer M101 105 mm, 20 Kendaraan Taktis Ringan HUMVEE, dan berbagai senjata serta peralatan militer lainnya.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *