AS kerahkan 3 F-35A ke Republik Palau di Pasifik Barat

F-35A di Republik PalauUSAF

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Udara AS (USAF) mengerahkan tiga unit jet tempur siluman F-35A Lightning II ke Republik Palau di Pasifik Barat.

Di negara yang memiliki 340 pulau itu, F-35A akan mendukung latihan Valiant Shield 2022 (VS22).

Pesawat F-35A dikerahkan USAF dari Skadron Tempur Ekspedisi ke-356, Wing Ekspedisi Udara ke-354 yang berpangkalan di Eielson AFB, Alaska.

USAF mengatakan, pengerahan F-35A ke Palau akan memberikan kesempatan bagi pesawat dan kru pesawat dari AEW ke-354 untuk berkolaborasi dengan pasukan multidomain, termasuk Korps Marinir AS, Angkatan Laut AS, Angkatan Darat, dan Angkatan Luar Angkasa.

Melakukan operasi di negara Palau di Pasifik Barat, memungkinkan Pasukan Gabungan AS untuk meningkatkan kehadiran mereka di depan dan meningkatkan kemampuan untuk dengan cepat menanggapi berbagai krisis di kawasan Indo-Pasifik, tulis USAF dalam siarannya.

Pasukan Gabungan AS secara teratur dikerahkan untuk pelatihan di Indo-Pasifik untuk menunjukkan kemampuannya dan membela negara.

Mengenai VS22, latihan ini telah dilaksanakan sejak tahun 2006.

Latihan tahun ini adalah yang kesembilan kali.

Seri latihan Valiant Shield dirancang untuk mempersiapkan Pasukan Gabungan guna merespons krisis dan kontinjensi dengan cepat.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *