Waduh, BMP-3 Rusia terlihat di Pusat Uji Utama Angkatan Darat AS

BMP-3 Rusia di Yuma Proving Ground ASAna Henderson
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Cukup menarik, sebuah Kendaraan Tempur Infanteri (IFV) BMP-3 buatan Rusia terlihat di Yuma Proving Ground di Arizona, Amerika Serikat (AS).

Keberadaan BMP-3 ini dimuat pada edisi terbaru surat kabar Outpost yang merilis foto-foto kunjungan delegasi anggota DPR dan Senat AS di Yuma Proving Ground.

Boeing_contoh2

Salah satu foto menunjukkan BMP-3 buatan Rusia yang tampaknya tengah menjalani pengujian oleh prajurit Angkatan Darat AS (US Army).

Seperti diketahui, Yuma Proving Ground adalah tempat melakukan pengujian hampir setiap peralatan perang untuk US Army.

Tak disebutkan dari mana Angkatan Darat AS mendapatkan BMP-3 tersebut, apakah sumbangan dari Militer Ukraina yang mendapatkan rampasan perang dari Rusia atau dari negara lainnya.

Mengenai BMP-3, kendaraan tempur ini diawaki tiga kru yakni pengemudi, komandan, dan juru senjata. Selain ketiga awaknya, BMP-3 juga mampu membawa 7-9 prajurit infanteri.

Kendaraan berbobot 18 ton ini dibekali mesin diesel UTD-29M berdaya 500 hp. Kecepatan laju maksimum di darat 72 km/jam dan berenang di air 10 km/jam. Jangkauan operasi di darat sejauh 600 km.

BMP-3 dibekali turret 2K23/Bakhcha-U/Berezhok dengan kanon 100 mm 2A70 atau kanon otomatis 30 mm 2A42.

Persenjataan sekundernya adalah senapan mesin PKT kaliber 7,62 mm.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *