Pasukan IRGC rebut kapal tanker tujuan AS

SH-3 Sea KingIranian Navy
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Laut Iran telah merilis video yang memperlihatkan para tentara Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) terjun ke atas kapal tanker minyak Advantage Sweet tujuan Houston, Amerika Serikat (AS).

Diketahui, kapal tersebut tengah transit di perairan internasional di Teluk OIran saat pasukan IRGC menyerbu cepat ke atas dek kapal.

Airbus_contoh2

Rekaman video menunjukkan pasukan IRGC turun dari helikopter Sikorsky SH-3 Sea King melalui tali sebelum mengambil kendali kapal tanker minyak tersebut.

Menurut NAVCENT (Naval Forces Central Command) AS, kapal tanker minyak Advantage Sweet berbendera Marshall Island ini direbut pasukan Iran pada hari Kamis (27/4) setelah kapal tersebut meninggalkan Kuwait untuk perjalanan menuju Houston, AS.

Insiden internasional ini hanyalah yang terbaru dari serangkaian aksi pasukan Iran terhadap kapal asing di dekat wilayahnya.

Sebelumnya, dalam dua tahun terakhir, Iran secara tidak sah telah menyita setidaknya lima kapal komersial yang berlayar di Timur Tengah.

Atas kejadian terbaru ini Amerika Serikat belum mengambil tindakan, namun dilaporkan Armada ke-5 Angkatan Laut AS (USN) terus memantau perkembangan situasi di lapangan.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *