Angkatan Laut Turkiye sambut kapal perang terbesarnya, TCG Anadolu

TCG Anadolu_ Turkiye_ Airspace ReviewMoD
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Impian Angkatan Laut Turkiye selama beberapa dekade menjadi kenyataan. Kapal perang terbesar mereka yakni jenis LHD (Landing Helicopter Dock) TCG Anadolu secara resmi memasuki dinas Angkatan Laut Turkiye.

Pengiriman diumumkan pada 21 Januari 2023, tetapi upacara baru dilakukan pada 10 April 2023 karena tes yang sedang berlangsung, dan disesuaikan jadwal pejabat Turkiye.

Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan menjadi tamu utama pada upacara tersebut bersama para menteri, perwakilan perusahaan pertahanan, dan para pejabat Angkatan Laut Turkiye.

Berbicara pada kesempatan tersebut, Presiden Erdogan menekankan bahwa TCG Anadolu akan menjadi kapal induk UCAV pertama di dunia.

“TCG Anadolu, yang telah kami tugaskan, adalah kapal perang pertama di dunia di area ini di mana drone dapat mendarat dan lepas landas, bersama dengan helikopter terbesar dan terberat. Memiliki fitur yang memungkinkan kami melakukan operasi militer dan kemanusiaan di setiap sudut dunia jika diperlukan,” ungkap Erdogan.

Erdogan juga menggarisbawahi proyek lain dari industri pertahanan Turkiye dan menyatakan bahwa anggaran pertahanan akan mencapai 75 miliar dolar pada periode berikutnya.

Dalam misi tempurnya, TCG Anadolu dapat mengerahkan 12 pesawat tempur tak berawak dan 21 helikopter.

Kapal ini juga dapat mengerahkan 13 tank, 27 kendaraan serbu amfibi, 6 pengangkut personel lapis baja, 33 berbagai kendaraan ringan dan berat, 15 trailer di geladaknya, 4 LCM, dan 2 LCVP.

Mengenai riwayatnya, upacara pemotongan baja TCG Anadolu berlangsung pada 30 April 2016, dan peletakan lunas blok pertama berlangsung pada 5 Februari 2018.

Selanjutnya, TCG Anadolu memulai uji coba laut pada Juni 2022, dan pengirimannya ke Angkatan Laut Turkiye selesai pada 21 Januari 2023.

Semula dek TCG Anadolu akan diisi jet tempur siluman F-35B V/STOL dari Amerika Serikat. Namun setelah Paman Sam memutuskan kemitraan, akhirnya Turkiye mengubahnya menjadi pesawat pembawa UCAV.

Dalam upacara commissioning, diperlihatkan pula dua jenis UCAV yang akan mengisi dek TCG Anadolu yakni Bayraktar TB3 dan Bayraktar Kizilelma bermesin jet.

Kedua UCAV dikembangkan oleh perusahaan Baykar Technologies, yang dipimpin oleh sang menantu Presiden Erdogan.

Saat ini TCG Anadolu menjadi kapal terbesar Angkatan Laut Turkiye dengan panjang 231 m, lebar 32 m, dan bobot 27.436 ton.

Kapal memiliki kecepatan tertinggi 20,5 knot dan jangkauan operasi sejauh 9.000 mil laut dalam kondisi terisi penuh.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *