Embraer meluncurkan A-29N Super Tucano dalam konfigurasi NATO

A-29N Super TucanoEmbraer
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pabrik pesawat Brasil, Embraer, meluncurkan Pesawat Serang Ringan A-29N Super Tucano dalam konfigurasi NATO. Peluncuran dilaksanakan di ajang LAAD Defense & Security 2023 di Rio de Janeiro pada 12 April 2023.

Pesawat ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan negara-negara Eropa. A-29N dapat melaksanakan fungsi serang ringan, pengintaian bersenjata, dan pelatihan lanjutan.

Versi baru A-29N dirancang memiliki sistem datalink baru dan operasi pilot tunggal.

Fitur-fitur ini memungkinkan untuk mendukung misi pelatihan JTAC (Joint Terminal Attack Controller).

Presiden dan CEO Embraer Defense and Security Bosco da Costa Junior mengatakan, terdapat sejumlah negara Eropa yang telah menunjukkan minat pada kemampuan khusus pesawat ini.

Lebih dari 260 unit A-29 telah dikirimkan oleh Embraer ke pengguna di seluruh dunia. A-29 Super Tucano telah dipilih oleh lebih dari 15 angkatan udara.

Perusahaan mengatakan, A-29 kokoh dan serbaguna. Pesawat dapat beroperasi dari landasan pacu tak beraspal dengan sedikit dukungan. Biaya pengoperasian pesawat ini rendah dan ketersediaannya tinggi, di atas 90%.

Selain untuk bertempur, A-29 memiliki kemampuan untuk menyimulasikan misi tempur. Pesawat ini dapat mengunggah dan mengunduh data penerbangan, menjadikannya platform pelatihan yang sangat efektif.

Pesawat dilengkapi dengan berbagai sensor dan senjata canggih, termasuk sistem elektro-optik/inframerah dengan penunjuk laser, night vision goggles, komunikasi suara yang aman, dan paket datalink.

-Poetra-

One Reply to “Embraer meluncurkan A-29N Super Tucano dalam konfigurasi NATO”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *