Angkatan Laut China persiapkan J-15T sebagai jet tempur di kapal induk Fujian

J-15T
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLAN) atau AL China sedang mempersiapkan jet tempur J-15T sebagai penempur PLAN yang akan berbasis di kapal induk CV-18 Fujian (Type 003)

Pengujian jet yang mirip dengan Su-33 Rusia itu baru-baru ini dilaksanakan di Pangkalan Udara Xincheng.

J-15T didesain dapat beroperasi di kapal induk dengan landasan yang dilengkapi dengan sistem ketapel (catapult).

Seperti diketahui, China telah mempersiapkan kapal induk Fujian yang berbobot 80.000 ton ini dengan sistem catapult.

Selain J-15T, kapal induk Fujian juga akan dilengkapi dengan jet tempur siluman FC-31 (J-35).

Mengenai J-15, induk dari J-15T, pada November 2022 diberitakan telah mendapatkan mesin produksi dalam negeri, WS-10 Taihang.

Penggunaan mesin domestik tersebut sekaligus menandai peringatan 10 tahun lepas landas dan pendaratan pertama pesawat di kapal induk pertama China, Liaoning, yang dilakukan oleh J-15.

Belum lama ini, Televisi Pusat China (CCTV) memperlihatkan lini produksi J-15 di fasilitas Shenyang Aircraft Corp di mana pesawat akan ditempatkan di Fujian nantinya.

Sebelum diintegrasikan pada pesawat tempur J-15, mesin WS-10 telah dipasangkan pada jet tempur China lainnya seperti J-10, J-11, J- 16 dan jet tempur J-20.

Digunakannya WS-10 pada J-15, menurut pengamat militer China, menandakan bahwa mesin ini telah matang pengembangannya dan aman serta andal untuk digunakan.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *