Tanggapan Rusia terhadap sistem pertahanan udara Patriot untuk Ukraina adalah rudal Kh-31PD

Kh-31PDMoD

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pemerintah AS telah menjanjikan Kyiv untuk mengirimkan bantuan sistem rudal pertahanan udara Patriot guna memayungi wilayah Ukraina terutama dari gempuran rudal jelajah Rusia.

Dikabarkan, personel yang akan mengoperasikan sistem Patriot ini telah berada di negeri Paman Sam untuk menjalani pelatihan.

Sebagai tanggapan akan kehadiran sistem Patriot di Ukraina, Rusia berjanji akan mengirimkan sistem rudal Kh-31PD untuk melenyapkannya.

Rusia mengklaim bahwa rudal antiradiasi Kh-31PD miliknya dapat melumpuhkan sistem pertahanan udara Patriot tersebut.

Pada 26 Januari 2023, CEO Tactical Missile Corporation Boris Obnosov mengatakan hal tersebut kepada TASS.

Obnosov menyebutkan bahwa rudal Kh-31PD dirancang untuk menyerang sistem pertahanan udara musuh melaju dengan kecepatan 3,5 Mach atau lebih dari 1.000 m/detik.

Kh-31PD merupakan versi terbaru yang dikembangkan dari Kh-31P ini memiliki sistem panduan ganda yakni inersia dengan radar pasif.

Misil ini juga berjangkauan yang lebih jauh, meningkat dari 110 km menjadi 250 km dan membawa hulu ledak seberat 110 kg.

Kh-31PD yang berdimensi panjang 5,3 m dan diameter 36 cm, meluncur dengan roket berbahan bakar padat pada tahap awal dan ramjet untuk sisa lintasan hingga menuju target.

Keluarga rudal radiasi Kh-31 mulai diproduksi sejak 1981 oleh perusahaan Zvezda-Strela sebelum bersalin nama menjadi Tactical Missile Corporation pada 2002.

Sebagai rudal udara ke permukaan, Kh-31PD dapat diluncurkan dari jet keluarga Flanker seperti Su-27SM, Su-30MKI, Su-35, dan juga Su-34, Su-24M, Su-25, serta MiG-29M dan MiG-29K.

-RBS-

One Reply to “Tanggapan Rusia terhadap sistem pertahanan udara Patriot untuk Ukraina adalah rudal Kh-31PD”

  1. Russia is a great state, indeed.
    Semoga Rusia bisa mengatasi senjata musuh yang paling modern sekalipun.
    Bravo Russia, ???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *