Pasukan Ukraina tangkap rantis Vystrel 4X4 Rusia

Vystrel 4X4

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pasukan Ukraina kembali berhasil menangkap kendaraan perang Rusia, kali ini kendaraan taktis (rantis) Vystrel 4X4 varian APC (angkut personel).

Berdasarkan riwayatnya, Vystrel atau dikenal juga sebagai BPM-97 ini diproduksi oleh perusahaan otomotif Kamaz sejak tahun 2009.

Dikembangkan menggunakan sasis dan komponen otomotif dari truk Kamaz 43269 agar menekan biaya produksi dan perawatannya.

Vystrel menggunakan penggerak 4X4 dan dukung oleh mesin diesel turbo Kamaz-740.11-240 yang menghasilkan daya 240 hp.

Kecepatan maksimumnya di jalan datar mencapai 90 km/jam dengan daya jelajah hingga sejauh 1.100 km.

Selain varian APC, Kamaz juga melansir Vystrel versi kendaraan pemberi dukungan tembakan (FSV) bagi pasukan infanteri saat bergerak kedepan.

Varian ini dilengkapi Turret Epoch BM-30D RCWS ini dipersenjatai dengan satu kanon otomatis 2A42 kaliber 30 mm dan satu senapan mesin koaksial PKTM 7,62mm

Termasuk juga rangkaian optoelektronik yang dipasang pada turet mencakup penglihatan siang/malam, kamera inframerah, dan pengintai laser.

Jenis turet ini memungkinkan penembak untuk mengarahkan dan mengontrol semua operasi penembakan dari dalam lambung dan di bawah perlindungan lapis baja.

Varian Vystrel FSV sendiri mulai diproduksi awal tahun 2022, turret Epoch BM-30D disediakan oleh Institut Penelitian Pusat, Rusia.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *