Giliran NATO perlihatkan video F-16 Belgia usir Su-27 dan Su-30 Rusia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Armada pesawat-pesawat tempur NATO melaksanakan kesiapsiagaan penuh setiap waktu dalam menjaga wilayah udara negara-negara sekutu dari ancaman pesawat-pesawat asing.

Sejauh ini sering terjadi intersepsi antara pesawat-pesawat NATO dengan pesawat-pesawat milik Angkatan Udara Rusia.

NATO melaksanakan patroli udara rutin, salah satunya adalah Baltic Air Policing. Sejumlah negara NATO bergantian mengirimkan kekuatan udaranya untuk melaksanakan Baltic Air Policing.

Baltic Air Policing merupakan quick reaction alert (QRA) pertahanan udara untuk menjaga wilayah udara  tiga negara kawasan Baltik yaitu Estonia, Latvia, dan Lithuania.

Menurut laporan NATO, pada Jumat 17 April 2020 pesawat tempur F-16 milik Angkatan Udara Belgia (BAF) yang disiagakan di Pangkalan Udara Siauliai, Lithuania telah telah melakukan intersepsi terhadp satu grup pesawat tempur Angkatan Udara Federasi Rusia di Laut Baltik.

Pilot pesawat F-16 Belgia copy
BAF

Komando Udara NATO menyatakan, kawanan pesawat tempur Rusia melakukan manuver udara di wilayah udara internasional di atas kapal perusak USS Donald Cook (DDG-75) milik Armada Keenam Angkatan Laut Amerika Serikat yang saat ini sedang bertugas di Laut Baltik lepas pantai Lithuania.

Dijelaskan, intersepti oleh pesawat F-16 menunjukkan bahwa NATO selalu siaga dan siap menghadapi ancaman.

Yang cukup menarik bila sebelumnya Rusia yang rajin mengunggah video intersepsi di akun YouTube, maka kini giliran NATO yang “membalas” video-video intersepsi yang diunggah pihak Rusia.

F-16 Intersep pesawat Rusia
BAF

Dalam video di akun NATO Allied Air Command yang diunggah pada 20 April 2020 tersebut, rekaman dari kamera yang dipasang di kokpit pilot F-16 memperlihatkan pesawat NATO ini sedang membayang-bayangi Su-24, Su-27, dan Su-30SM.

Tidak hanya itu, rekaman dari Joint Helmet Mounted Cueing System pilot F-16 BAF pun diunggah sehingga kita bisa melihat dengan jelas bagaimana penampakan pesawat-pesawat Rusia di helmet penerbang pesawat NATO ini.

Roni Sontani

3 Replies to “Giliran NATO perlihatkan video F-16 Belgia usir Su-27 dan Su-30 Rusia”

  1. Jika di udara internasional ya mestinya bukan intercept, hanya sekedar nembayangi. Kenapa hrs mengusir / diusir jika di udara internasional??
    Binun saya….

    1. Istilahnya memang pencegatan (interception). Intersepsi terdiri dari tindakan membayang-bayangi (shadowing), memaksa pendaratan (force down), hingga tindakan penembakan (shoot down). tujuan pencegatan adalah untuk mencegah pesawat asing masuk ke wilayah udara suatu negara, walaupun masih di atas perairan internasional. Mengusir di sini bermaksud agar pesawat menjauh. Dalam beberapa kejadian terjadi saling usir karena merasa tidak melanggar, agar pesawat yang membayang-bayangi menjauh. Seperti itu. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *