PTDI kirimkan satu NC212i ke DRRAA Thailand

NC212i AX-2129 untuk Thailand persiapan untuk dikirimkanPTDI

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – PT Dirgantara Indonesia (PTDI) melakukan pengiriman satu unit pesawat terbang NC212i untuk Department of Royal Rainmaking and Agricultural Aviation (DRRAA) Thailand pada 1 Agustus 2022.

Direktur Keuangan, Manajemen Risiko & SDM PTDI, Wildan Arief meninjau langsung persiapan dan melepas ferry flight NC212i tersebut ke Negeri Gajah Putih.

Pesawat diterbangkan oleh Pilot Uji PTDI Captain Esther Gayatri Saleh sebagai Pilot In Command dari kegiatan Ferry & Acceptance Mission ini. Ia didampingi Pilot Uji PTDI lainnya, Captain Adi Budi sebagai Kopilot.

Pesawat NC212i dengan nomor ekor AX-2129 ini lepas landas dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung menuju Bandara Sultan Syarif Qasim, Pekanbaru, Riau.

Dari sana kemudian akan diterbangkan lagi menuju Bandara Internasional Hat Yai, Thailand, bagian selatan di dekat perbatasan Malaysia.

Selanjutnya adalah ke Nakhon Sawan Air Base, Muang, Nakhon Sawan, Thailand, sebagai destinasi terakhir yang direncanakan tiba tanggal 3 Agustus 2022.

Pesawat NC212i tersebut rencananya akan melakukan Final Acceptance oleh Department of Royal Rainmaking and Agricultural Aviation (DRRAA) Thailand, pada 4 Agustus 2022 yang akan disaksikan langsung oleh Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand, Rachmat Budiman.

“NC212i ini secara spesifikasi punya kapabilitas yang sangat beragam, di mana yang kita deliver hari ini adalah konfigurasi troop transport yang kemudian bisa dimodifikasi untuk rain making. Kemampuan NC212i ini sangat ideal untuk kondisi geografis Thailand, dimana kemungkinan diharapkan bisa menjadi kontrak selanjutnya dengan Thailand,” kata Wildan Arief.

Ditambahkan, selain pesawat ini masih ada satu pesawat NC212i lagi dari kontrak lainnya yang akan dikirimkan tahun ini ke Thailand. Targetnya pada bulan Desember 2022.

Mengenai penandatanganan kontrak pengadaan satu NC212i ini telah dilaksanakan pada 18 Juni 2020 antara PTDI dengan A.I.C.E. Enterprises (Thai) Co., Ltd. dengan pengguna akhir adalah Department of Royal Rainmaking and Agricultural Aviation (DRRAA) Thailand.

NC212i ini dapat digunakan sebagai angkut penumpang, VIP, cargo, hujan buatan, troop/paratroop transport, dan medical evacuation yang dapat dipasang bergantian sesuai dengan kebutuhan Department of Royal Rainmaking and Agricultural Aviation (DRRAA) Thailand.

Manufaktur NC212i telah sepenuhnya dikerjakan oleh PTDI, artinya PTDI adalah satu-satunya industri pesawat terbang di dunia yang saat ini memproduksi pesawat NC212i.

PTDI sampai saat ini telah berhasil melakukan pengiriman pesawat terbang dan helikopter, baik dalam maupun luar negeri sebanyak 466 unit.

Dimana 120 unit diantaranya adalah pesawat NC212 series, dari total sebanyak 604 unit pesawat NC212 series di dunia.

-RBS-

Foto: PTDI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *