ATR 72-600 dimodifikasi Leonardo jadi pesawat patroli maritim P-72B untuk Guardia di Finanza

P-72B Guardia di Finanza - Airspace REviewLeonardo

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pabrik Leonardo dari Italia telah memodifikasi ATR 72-600 menjadi pesawat patroli maritim ATR 72MP. Pesawat ini kemudian dikirimkan ke Badan Penegak Hukum Italia, Guardia di Finanza (GdF), yang memberi kode baru pesawat menjadi P-72B.

Pesawat dilengkapi dengan sistem keamanan dan pengawasan terbaru buatan Leonardo.

Ini adalah pesawat P-72B keempat dan terakhir yang diserahkan oleh Leonardo berdasarkan pesanan dari Guardia di Finanza.

Upacara penyerahan pesawat dilaksanakan di fasilitas Leonardo di Turin, Italia yakni di Caselle Torinese pada 28 Juli lalu.

Kontrak yang ditandatangani Leonardo dengan GdF, selain mendapatkan empat pesawat juga meliputi pelatihan dan dukungan logistic.

Perusahaan mengatakan, awak pesawat P-72B akan mendapatkan tingkat ergonomi dan kenyamanan pada pesawat ini. Hal itu akan mendukung peningkatan efisiensi dan fungsionalitas selama operasi pencarian dan identifikasi, patroli laut, pemberantasan perdagangan narkoba, pembajakan, penyelundupan, dan perlindungan wilayah perairan negara.

Jenderal B. Mariano La Malfa, Wakil Kepala Staf GdF mengatakan, P-72B akan melengkapi Polisi Bea Cukai Italia dengan aset lengkap berteknologi mutakhir.

P-72B (ATR 72MP) dilengkapi dengan sistem misi ATOS (Airborne Tactical Observation and Surveillance) yang dikembangkan sepenuhnya oleh Leonardo.

Guardia di Finanza (Penjaga Keuangan) merupakan lembaga penegak hukum Italia di bawah wewenang Menteri Ekonomi dan Keuangan, bukan Kementerian Pertahanan.

GdF adalah satu-satunya kepolisian di Italia dengan tugas umum yang melakukan pengawasan secara konstan dan efektif terhadap seluruh garis pantai negara dan perairan internasional.

Guardia di Finanza bertanggung jawab menangani kejahatan keuangan dan penyelundupan. Lembaga ini telah berkembang menjadi agen utama Italia untuk menekan perdagangan obat-obatan terlarang.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *