Layu di tengah jalan, Inggris hentikan proyek loyal wingman Mosquito UCAV

Spirit Mosquito UCAVSpirit AeroSystems

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pemerintah Inggris telah resmi menghentikan proyek loyal wingman Spirit Mosquito UCAV pada 24 Juni 2022.

Tadinya, Mosquito akan menjadi UCAV setia bagi jet tempur Angkatan Udara Inggris F-35B, Tempest, maupun Typhoon.

Kementerian Pertahanan Inggris mengumumkan bahwa penghentian proyek ini telah dibicarakan sebelumnya dengan mitra dari Amerika Serikat, yaitu Spirit AeroSystems sebagai kontraktor utama untuk proyek Mosquito UCAV.

Tadinya, pada tahun 2023 prototipe Mosquito yang menelan biaya 30 juta poundsterling ini akan melaksanakan penerbangan perdananya.

Alasan dihentikannya proyek ini, lanjut Kementerian Pertahanan Inggris, adalah berdasarkan keputusan karena adanya perubahan arah konsep LANCA (Lightweight Affordable Novel Combat Aircraft)

Kementerian Pertahanan Inggris mengumumkan bahwa keputusan itu dibuat berdasarkan kesepakatan bersama dengan mitra proyek. Dilaporkan bahwa keputusan tersebut menandai perubahan arah konsep LANCA .

Di sisi yang lain, Inggris baru-baru ini memiliki hubungan keamanan dan pertahanan yang ketat dengan Turki.

Komandan Angkatan Udara Inggris mengunjungi industri dirgantara Turkish Aerospace dan menerima informasi tentang UCAV yang diproduksi.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published.