Rekor baru Akinci B UCAV, terbang hingga ketinggian lebih dari 45.000 kaki

Drone Akinci buatan Baykar TurkiWikipedia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Turki tak hanya punya kebanggaan dengan drone bersenjata (UCAV) Bayraktar TB2. Kini jagoan baru muncul, yakni Baykar Akinci B yang baru-baru ini berhasil memecahkan rekor penerbangannya.

Akinci B UCAV terbang hingga ketinggian lebih dari 13,716 km (45.118 kaki).

Perusahaan Baykar, pembuat Bayraktar TB2 dan Akinci mengatakan, Akinci B lepas landas pada 22 Juni 2022 pukul 19.31 untuk melakukan uji ketahanan, ketinggian, dan kecepatan tinggi di hadapan delegasi Kepresidenan Industri Pertahanan dan Komando Angkatan Udara.

Usai mencapai ketinggian rekornya, drone jenis HALE (High-Altitude Long-Endurance) itu kembali lagi ke pusat pengujian pelatihan komando Turki di Bandara Corlu.

Penerbangan dilaksanakan selama 20 jam dan 23 menit.

Sebelumnya, Akinci A telah menorehkan rekor terbang hingga ketinggian 11,594 km dalam pengujian yang dilakukan pada 8 Juli 2021.

Setelah itu dilanjutkan dengan Akinci B yang terbang hingga ketinggian 12,243 km pada tanggal 11 Maret 2022.

Baykar Akinci B sebelum ini telah diikutsertakan dalam latihan militer bersama Elang Anatolia, di samping kegiatan uji yang dijalani.

Dalam latihan itu Akinci B berhasil melakukan penembakan terhadap sasarannya di darat.

Perusahaan menambahkan, Akinci UCAV telah diminati oleh sejumlah negara. Saat ini tercatat empat kontrak ekspor telah dikantongi perusahaan.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *