Excalibur Army dari Ceko tawarkan Patriot II MATMMV untuk TNI

Excalibur Army PatriotRBS

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Excalibur Army sebuah industri pertahanan asal Ceko menampilkan kendaraan tempur (ranpur) Patriot II 4X4 versi upgrade dalam pameran Indo Defence 2022 yang ditawarkan untuk TNI.

Sebelumnya pada gelaran Indo Defence ke-8 tahun 2018, Excalibur Army membawa Patriot generasi pertama ke JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Patriot ll yang disebut sebagai MATMMV (Medium Armored Tactical Multi-Mission Vehicle) ini mulai diperkenalkan pada Mei 2018 silam dalam pameran IDET 2019 di Brno, Ceko.

Kendaraan berbobot 12 ton ini dibangun menggunakan sasis truk militer T815 buatan Tatra juga buatan Ceko.

Ditenagai mesin diesel Cummins ISB kapasitas 6.700 cc berdaya 210 kW. Kecepatan maksimum 130 km/jam dan jangkauan operasi mencapai 700 km.

Sebagai ranpur jenis MRAP (Mine-Resistant Ambush Protected), Patriot ll memiliki perlindungan terhadap ranjau atau bahan peledak improvisasi (IED) pada level 2a/b STANAG 4569 standar NATO.

Sementara untuk tingkat perlindungan balistiknya berada pada level 3 STANAG 4569 yang tahan terhadap tumbukkan munisi 7.62×51mm AP pada jarak 30 m.

Versi standar Patriot II diawaki enam orang termasuk pengemudi dan komandan. Kendaraan dapat dipasangi RCWS (Remote Control Weapon System) dengan pilihan berupa senapan mesin kaliber 7,62 mm atau kaliber 12,7 mm.

Beberapa fitur unggulan Patriot II lainnya adalah ketinggian ground clearance yang dapat disesuaikan tingginya dengan permukaan jalan.

Lalu dibekali sistem suspensi independent swinging air yang menjadikannya sanggup melahap berbagai permukaan medan dengan nyaman.

Patriot II menggunakan ban jenis run-flat ukuran 14.00 x R20 dengan sistem inflasi ban sentral yang memungkinkan pengemudi untuk menyesuaikan tekanan ban saat berjalan.

Pada Indo Defence 2022 ini Excalibur Army Republik Ceko serta Tatra Defence Vehicle menjalin kemitraan dengan perusahaan lokal Indonesia, Republikorp.

Kerja sama ditandatangani oleh Chairman Republikorp Norman Joesoef dan Daniel Kara mewakili Excalibur Army serta Tatra Defence Vehicle pada 3 November.

Penandatanganan juga disaksikan Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra dan Wakil Menteri Pertahanan Republik Ceko Daniel Blažkovec Norman.

Kerja sama ini meliputi MoA Marketing and Integration License Agreement for the PATRIOT II 4X4 Vehicle dan MoA MRO Training and Facility Development for the Tatra Vehicle.

Diketahui, satu unit Patriot MATMMV generasi pertama telah dioperasikan oleh Satkopaska Koarmada 3 di Sorong, Papua untuk uji coba lapangan.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *