Australia kembali hibahkan Kapal Patroli Kelas Guardian kepada Papua Nugini

Guardian Class Patrol Boat (1)
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Australia kembali menghibahkan Kapal Patroli Kelas Guardian (GCPB) kepada Papua Nugini (PNG).

Pemberian kapal bernama NUSHIP Francis Agwi (403) untuk Angkatan Pertahanan Papua Nugini (PNGDF) itu diserahkan di galangan Austal Australia, di Henderson, Australia Barat pada 22 Oktober 2021.

Airbus_contoh2

Kapal ini merupakan yang ketiga dari empat kapal GCPB yang akan diterima PNG dari Australia sebagai bagian dari Program Keamanan Maritim Pasifik Pemerintah Australia.

Proyek Penggantian Kapal Patroli Pasifik dipercayakan Australia kepada Austal Australia sejak Mei 2016.

Total sebanyak 21 kapal telah dipesan Canberra ke Austal Australia senilai 335 juta dolar Australia.

Sebanyak 12 negara Kepulauan Pasifik termasuk Papua Nugini, Fiji, Negara Federasi Mikronesia, Tonga, Kepulauan Solomon, Kepulauan Cook, Kiribati, Kepulauan Marshall, Palau, Samoa, Tuvalu, Vanuatu, dan Timor-Leste akan menerima kapal jenis ini hingga tahun 2023.

Proyek Penggantian Kapal Patroli Pasifik mendukung lebih dari 200 pekerjaan langsung di Austal Australia dan lebih dari 200 pekerjaan tidak langsung secara nasional melalui bisnis Australia yang dikontrak oleh Austal.

Kapal dengan desain monohull baja ini memiliki panjang 39,5 m dan dilengkapi dengan mesin diesel kembar dengan daya 5.400 shp.

Kapal yang diawaki 23 orang ini dapat melaju dengan kecepatan maksimum 20 knot dan mampu menjangkau jarak 3.000 mil (5.600 km).

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *