Bertemu Erdogan di KTT G20, Biden: pengajuan F-16 harus melalui proses di AS

Erdogan - Biden in Rome G20 SummitREUTERS/Kevin Lamarque

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Presiden Amerika Serikat Joe Biden bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di KTT G20 di Roma, Italia pada Minggu, 31 Oktober 2021.

Pada saat sesi foto sebelum melaksanakan pertemuan bilateral selama kurang lebih satu jam di sela-sela KTT tersebut, Biden mendapat pertanyaan dari jurnalis apakah dia berencana untuk memberi Turki F-16?

Presiden Biden menjawab singkat, “Berencana untuk melakukan percakapan yang baik.”

Seperti diberitakan Reuters, Biden menyatakan kepada Erdogan bahwa permintaannya untuk jet tempur F-16 harus melalui proses di Amerika Serikat.

Biden juga menyatakan keinginan untuk menangani perselisihan antara kedua negara secara efektif.

Penjelasan Gedung Putih

Sementara itu, menjelaskan soal hasil pertemuan antara Presiden Erdogan dan Presiden Biden di sela-sela KTT G20, Gedung Putih mengeluarkan pernyataannya.

Dikatakan bahwa Presiden Joe Biden mengatakan pentingnya Turki sebagai Sekutu NATO dan tetap menyoroti kekhawatirannya mengenai sistem rudal S-400.

Ditambahkan, ia juga menekankan pentingnya institusi demokrasi yang kuat, penghormatan terhadap hak asasi manusia, dan supremasi hukum untuk perdamaian dan kemakmuran.

Erdogan-Biden-G20-Summit
Kepresidenan Turki

Selengkapnya pernyataan Gedung Putih seperti diunggah melalui laman White House:

Presiden Joseph R. Biden, Jr. hari ini bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di sela-sela KTT G20. Presiden Biden menggarisbawahi keinginannya untuk mempertahankan hubungan yang konstruktif, memperluas bidang kerja sama, dan mengelola ketidaksepakatan kita secara efektif. Dia menyatakan penghargaan atas kontribusi Turki selama hampir dua dekade untuk misi NATO di Afganistan. Para pemimpin membahas proses politik di Suriah, pengiriman bantuan kemanusiaan kepada warga Afganistan yang membutuhkan, pemilihan umum di Libya, situasi di Mediterania Timur, dan upaya diplomatik di Kaukasus Selatan. Presiden Biden menegaskan kembali kemitraan pertahanan kami dan pentingnya Turki sebagai Sekutu NATO, tetapi mencatat kekhawatiran AS atas kepemilikan Turki atas sistem rudal S-400 Rusia. Dia juga menekankan pentingnya institusi demokrasi yang kuat, penghormatan terhadap hak asasi manusia, dan supremasi hukum untuk perdamaian dan kemakmuran.

Sementara itu di saat yang hampir bersamaan, akun twitter Kepresidenan Turki menuliskan cuitannya bahwa Presiden Recep Tayyip Erdogan bertemu dengan Presiden AS Joe Biden di sela-sela KTT G20 Roma.

“Diselenggarakan dalam suasana yang positif, pertemuan tersebut membahas hubungan bilateral dan isu-isu regional,” tulis akun resmi Kepresidenan Turki tersebut singkat.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *