Angkatan Kedirgantaraan Rusia Terima 6 Pesawat A-50U AEW&C

ANGKASAREVIEW.COM – Sebanyak enam pesawat peringatan dini dan kontrol udara A-50U AEW&C telah diserahterimakan oleh Rostec kepada Angkatan Kedirgantaraan Rusia. Pesawat yang dibuat oleh Vega Concern (bagian dari Rostec) dan Beriev Air Company ini merupakan hasil peningkatan kemampuan pesawat sebelumnya, A-50.

Dibandingkan pendahulunya, A-50U mampu melacak beragam sasaran pada lebih jauh dan secara simultan dapat mengendalikan pesawat tempur kawan lebih banyak jumlahnya.

Tautan: Beriev A-50U, Pesawat AEW Rusia Berteknologi Serba Digital

Pesawat jenis AEW&C kerap disebut radar terbang karena fungsinya memang menjadi radar di udara dan membagi data hasil tangkapannya kepada armada tempur udara maupun unsur tempur lainnya. Pesawat ini juga dapat berfungsi sebagai komando dan kendali pusat peperangan di mana seorang komandan pertempuran dapat berada di dalamnya.

A-50USputniknews
CEO Vega Concern Vyachelav Mikheev mengatakan, pihaknya saat sedang memodernisasi pesawat A-50U ketujuh yang akan diserahkan pada 2021.

Tautan lain: Pandu Jet Tempur Rusia, Beriev A-100 AWACS Mampu Deteksi 300 Target

Sebagai pesawat hasil modernisasi, tentu saja perangkat lunak maupun perangkat keras yang diintegrasikan pada A-50U merupakan produk mutakhir. Mulai dari avionik pesawat, radar, sistem komunikasi, hingga sistem kecepatan pengiriman data yang tinggi.

Selain itu, pihak pabrikan juga menyebutkan, A-50U memiliki kemampuan terbang lebih jauh, memiliki sistem proses misi tempur yang lebih cepat, dan desain internal yang lebih nyaman bagi para kru.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *