Ukraina kembangkan rantis Saigak pengganti UAZ-496 era Uni Soviet

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Ukrainian Armor, sebuah perusahaan swasta yang mengkhususkan diri dalam merancang dan membuat kendaraan lapis baja dan senjata modern, telah mengembangkan kendaraan taktis (rantis) baru untuk militer Ukraina.

Seperti dilaporkan mil.in.ua pada 30 Agustus, Ukrainian Armor telah meluncurkan rantis ringan dinamai Saigak.

Rantis ini akan menjadi pengganti kendaraan utilitas UAZ-496 era Uni Soviet.

Saigak tak lain merupakan versi rebadged dari kendaraan serbaguna sipil yang populer jenis double cabin Toyota Hilux buatan Jepang.

Kendaraan baru ini dikembangkan dalam waktu singkat dalam kerangka kompetisi yang diumumkan oleh Kementerian Pertahanan Ukraina. Kendaraan seharusnya diserahkan pada 1 September 2021.

Diketahui, awal tahun 2021 Kementerian Pertahanan Ukraina telah mengeluarkan Permintaan Proposal untuk kompetisi mengembangkan rantis utilitas ringan off-road baru untuk menggantikan armada tua UAZ-469 dalam layanan Angkatan Bersenjata Ukraina.

‚ÄúPrototipe harus sesuai dengan persyaratan dalam hal kekokohan, keandalan, output daya, efisiensi bahan bakar, kapasitas beban, kemudahan perawatan dan perbaikan,” kata Menteri Pertahanan Ukraina Andrii Taran saat mengumumkan permintaan tersebut.

Kendaraan utilitas yang paling dapat diterima dalam hal karakteristik fisik dan kinerja akan dipilih sebagai pemenang berdasarkan hasil uji coba kualifikasi resmi, imbuh Andrii Taran.

RBS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *