USAF kirim tiga pembom ‘kelelawar’ B-2A Spirit ke Islandia

B-2 SpiritUSAF

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Udara AS (USAF) mengirim tiga pembom siluman Northrop Grumman B-2A Spirit dari Wing Pembom (BW) ke-509 Whiteman AFB, Missouri ke Keflavik AFB di Islandia pada 23 Agustus.

Pembom berbentuk kelewawar itu dikerahkan pada misi Bomber Task Force (BTF) untuk meneruskan operasi lanjutan pertama dari Islandia.

Pengerahan sekaligus menunjukkan kemampuan penerbang Komando Serangan Global Angkatan Udara (AFGSC) dalam melaksanakan operasi tempur tangkas khusus pembom (ACE) di teater Eropa.

Selama penempatan, seluruh awak dan penerbang BW ke-509 akan melaksanakan misi untuk membiasakan diri dengan wilayah operasi di teater dan wilayah udara Eropa.

Misi ini juga dilaksanakan sambil mengasah keterampilan para awak dan penerbang dengan sekutu NATO dan mitra regional.

Sebelumnya pada 25 Agustus, sebuah pembom B-2 Spirit terbang dalam formasi di atas Laut Utara dengan F-15C Eagle dan F-15E Strike Eagle dari Wing Tempur ke-48 Pangkalan RAF Lakenheath.

Misi BTF telah berlangsung sejak 2018 dengan melibatkan beberapa wing pembom USAF dan beberapa platform pembom dikerahkan di pangkalan di seluruh Eropa, termasuk di Pangkalan RAF Fairford di Inggris.

Sementara itu misi BTF pertama B-2 di Islandia telah dilaksanakan pada akhir 2019.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *