Apa saja kegiatan Orientasi Caprabhatar Akademi TNI dan Akpol?

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sebelum menjalani Pendidikan Dasar Integrasi Kemitraan di Resimen Chandradimuka Akademi TNI di Magelang, para Calon Prajurit Taruna Akademi TNI dan Calon Bhayangkara Taruna Akademi Kepolisian (Caprabhatar) terlebih dahulu mengikuti kegiatan masa orientasi.

Kegiatan Masa Orientasi Caprabhatar Akademi TNI dan Akpol TP 2021 dilaksanakan selama lima hari pada 3-7 Agustus lalu.

Kegiatan ini diikuti oleh 982 peserta, terdiri dari 779 Taruna Akademi TNI (Akmil 449, AAL 180, AAU 130) dan 203 Taruna Akpol.

Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mengubah dan membentuk sikap dan perilaku keseharian Caprabhatar agar memiliki sikap disiplin, pantang menyerah, setia kawan, dan toleran.

Dengan sikap dan perilaku tersebut, diharapkan dapat menjadi bekal untuk dapat mengikuti pendidikan di Menchandra Akademi TNI dengan baik, lancar, dan berprestasi.

Lalu apa saja materi kegiatan yang dilaksanakan?

Pada masa orientasi ini para Caprabhatar diperkenalkan tentang tradisi Taruna seperti pengibaran bendera di Puncak Tidar, pengenalan tentang Akademi TNI dan Akpol, organisasi Menchandra Akademi TNI, peraturan tentang kehidupan Taruna, serta melaksanakan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan materi pendidikan di Menchandra Akademi TNI.

Orientasi Caprabhatar_2Pen Akademi TNI

Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI Marsdya TNI Andyawan Martono Putra dalam amanat tertulis yang dibacakan Wadanjen Akademi TNI Mayjen TNI Sapriadi mengatakan, pelaksanaan Masa Orientasi Caprabhatar diharapkan dapat menumbuhkan perubahan sikap dan karakter Caprabhatar yang semula sipil menjadi seorang caton Taruna.

Penutupan Masa Orientasi Caprabhatar 2021Pen Akademi TNI

Para Caprabhatar dibentuk untuk menjadi Taruna yang pantang menyerah, tidak egois, dan tidak individualis.

Sebaliknya mereka akan mengutamakan kebersamaan, loyalitas, dan tanggung jawab yang tinggi dalam melaksanakan setiap kegiatan pada saat menjalankan pendidikan nantinya.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *