Ny. Nanny Hadi Tjahjanto: Pengembangan karier tergantung pada kinerja

Ny Nanny Hadi TjahjantoPen akademi TNI

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Ibu Kehormatan Taruna Akademi TNI yang juga Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto menyampaikan pembekalan secara virtual kepada 701 Calon Perwira Remaja (Capaja) TNI-Polri dari Mako Akademi TNI, Cilangkap, Jakarta Timur pada Selasa, 6 Juli 2021.

Seluruh 700 Capaja TNI-Polri yang akan dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo pada 13 Juli 2021 nanti itu terdiri dari 227 Capaja Akademi Militer (Akmil), 101 Capaja Akademi Angkatan Laut (AAL), 91 Capaja Akademi Angkatan Udara (AAU), dan 281 Capaja Akademi Kepolisian (Akpol).

Sebanyak delapan perwakilan Capaja TNI-Polri hadir langsung di Mako Akademi TNI, sementara lainnya di masing-masing Akademi Angkatan dan Akpol.

Dalam pembekalannya, Ny Nanny Hadi Tjahjanto mengatakan, pendidikan yang menjadi bekal dasar bagi para Capaja TNI-Polri telah diberikan sejak para Taruna dan Taruni menginjakkan kaki di kampus akademi masing-masing.

Mereka dibentuk dan dibina dalam suatu lingkungan yang serba padat kegiatan dan tata tertib serta disiplin yang ketat.

Maka, ketika Taruna/Taruni dihadapkan pada medan tugas yang sesungguhnya, mereka tidak akan canggung lagi.

Bekal pendidikan yang telah didapat itu, ujarnya, hendaknya dapat dikembangkan seiring dengan proses perjalanan tugas yang akan dihadapi.

Dikatakan lebih lanjut, dalam melaksanakan tugas Perwira yang memiliki karakter dan komitmen harus mengedepankan tugas dan tanggung jawab daripada kepentingan pribadi.

Medan tugas yang dihadapi tersebut, bukan hanya soal-soal yang berhubungan dengan tugas kemiliteran dan kepolisian saja. Namun juga menyangkut pembinaan kesejahteraan bawahan beserta keluarganya dengan semua aspek kehidupan bermasyarakat.

Oleh karenanya, para Capaja harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya agar benar-benar matang dan tangguh menerima tugas dan tanggung jawab yang diemban.

Pembekalan Capaja di Akademi TNI_Pen Akademi TNI

“Keberhasilan pelaksanaan tugas, termasuk pengembangan karier, sangat tergantung pada kinerja atau performance masing-masing individu. Hal ini hendaknya dijadikan langkah awal untuk meningkatkan kemampuan diri baik kemampuan teknis (hard skill) dan kemampuan sosial (soft skill),” ujarnya.

Sementara itu, Ibu Kehormatan Taruna Akademi Kepolisian Ny Juliati Listyo Sigit Prabowo yang juga memberikan pembekalan secara virtual mengatakan, TNI dan Polri membutuhkan personel yang andal yang senantiasa mampu memberikan kinerja terbaiknya bagi negara dan bangsa.

Ditekankan bahwa tidak ada tempat bagi anggota TNI dan Polri yang santai dan bekerja seenaknya.

Menjadi Perwira TNI-Polri di era perubahan seperti saat, ujarnya, tidaklah mudah. Terlebih saat ini dunia tengah dihadapkan pada perubahan secara masif akibat dari pandemi COVID-19.

Pembekalan Capaja di Akademi TNIPen Akademi TNI

“Dalam kondisi seperti inilah darma bakti TNI dan Polri sangat dibutuhkan oleh negara dan seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya.

Penyampaian pembekalan oleh Ny. Nanny Hadi Tjahjanto dan Ny. Juliati Sigit Prabowo diakhiri dengan sesi tanya jawab seputar materi pembekalan yang telah diberikan.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *