Rusia perlihatkan kemampuan tempur S-400 kepada perwakilan dari 52 negara

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rusia memperlihatkan kemampuan tempur sistem pertahanan udara S-400 Triumf kepada sekitar 80 perwakilan korps militer dan diplomatik dari 52 negara pada 28 April 2021.

Negara-negara yang diundang berasal dari CIS, Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika Latin yang terakreditasi di Rusia.

Demonstrasi kemampuan sistem rudal antipesawat S-400 dilaksanakan di pusat pelatihan Angkatan Kedirgantaraan Rusia di Ashuluk, Wilayah Astrakhan.

Dalam pelaksanaan demonstrasi kemampuan tersebut, kepada para atase militer asing diperlihatkan fitur organisasi pertahanan udara untuk mengusir rudal dan serangan udara musuh tiruan. Selain S-400, dilibatkan juga sistem pertahanan udara Pantsir-S.

Kedua sistem tersebut berhasil mendeteksi dan menghancurkan semua rudal target yang disimulasikan sebagai target aerodinamis, operasional-taktis, taktis balistik, rudal jelajah, serta target darat.

Kementerian Pertahanan Rusia memberitakan, sebelum kegiatan dilaksanakan terlebih dahulu diadakan pengarahan kepada para delegasi oleh Kepala Pusat Pelatihan Mayor Jenderal Alexey Rotko.

Ia menerangkan mengenai kegiatan-kegiatan yang biasa dilaksanakan di pusat pelatihan tersebut.

Setelah itu Kolonel Alexei Litvinov, perwakilan dari Sekolah Tinggi Pertahanan Udara Militer Yaroslavl, menerangkan mengenai spesifikasi dan kemungkinan pelatihan personel militer asing dalam spesialisasi pertahanan udara di sekolah tersebut.

Selain program resmi, atase militer juga diperkenalkan dengan lingkungan yang ada di Kremlin Astrakhan, situs budaya, dan sejarah Astrakhan.

Kementerian Pertahanan Federasi Rusia secara teratur mengundang perwakilan militer dan korps diplomatik negara asing ke berbagai acara.

Pada 2020 misalnya, para diplomat militer asing menghadiri lebih dari 20 acara.

Yang terbesar di antaranya adalah Army International Games-2020, Military-Technical Forum Army-2020, latihan staf Kavkaz-2020, dan pengarahan oleh Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Federasi Rusia Jenderal Valery Gerasimov.

Semua acara tersebut direncanakan dan dilaksanakan untuk meningkatkan transparansi kegiatan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia.

Rhandy Foxbat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *