F-15EX akan menguji EPAWSS dalam latihan di wilayah INDOPACOM

F-15EX USAFViking Aero Images

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Jet tempur terbaru Angkatan Udara AS (USAF) F-15EX Eagle II akan menguji perangkat Eagle Passive Active Warning Survivability System (EPAWSS) dalam latihan tempur di wilayah utara INDOPACOM pada 13-14 Mei 2021.

Kepala Komando Alaska Letnan Jenderal David Krumm mengatakan, F-15EX akan berpartisipasi dalam latihan dua tahunan Northern Edge 21.

Latihan kali ini akan memokuskan pada kemampuan Joint All Domain Command and Control (JADC2).

Dijelaskan, sebanyak 4.000 peserta dan lebih dari 200 pesawat akan terlibat dalam latihan yang dilaksanakan pada setiap tahun ganjil tersebut.

“Di seluruh Alaska, kami akan bertarung dari bawah permukaan hingga luar angkasa dan melatih kemampuan kami dalam spektrum elektromagnetik yang sangat sulit,” kata Krumm seperti dikutip Breaking Defense.

Dalam latihan ini, taktik dan prosedur baru akan diterapkan sebagai prosedur bartu menghadapi tantangan di masa depan.

JADC2, lanjut Krumm, akan menguji kemampuan internet berbasis ruang angkasa yang disediakan oleh konstelasi Starlink SpaceX dan terminal satelit jarak jauh.

Northern Edge 21 yang disponsori oleh INDOPACOM, tahun ini dilaksanakan di tengah ketegangan antara AS dan Rusia di kawasan Arktik.

Tanto Eagle

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *