AL Rusia luncurkan kapal penyapu ranjau kelas Alexandrit kelima

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Laut (AL) Rusia telah meluncurkan kapal penanggulangan ranjau Proyek 12700 Alexandrit kelima dengan nama Pyotr Ilyichev.

Peluncuran dilaksanakan di Pabrik Pembuatan Kapal Sredne-Nevsky (bagian dari United Shipbuilding Corporation) di St. Petersburg pada 28 April 2021.

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan, kapal kelas ini memiliki lambung terbesar di dunia yang terbuat dari fiberglass monolitik dan dibentuk menggunakan infus vakum.

Dalam pidatonya kepada pembuat kapal, Panglima Angkatan Laut Rusia Laksamana Nikolai Evmenov menyatakan, pabrik Sredne-Nevsky telah menguasai konstruksi serial kapal penanggulangan ranjau Proyek 12700.

Ditambahkan, Komando Utama Angkatan Laut Rusia sedang mempertimbangkan kemungkinan untuk memesan serangkaian kapal penangkal ranjau proyek 12700.

“Saya pikir kami juga akan memesan serangkaian kapal ini,” kata Evmenov.

Ia juga menandaskan, kapal-kapal Proyek 12700 memiliki potensi modernisasi yang besar.

Proyek 12700 dikembangkan oleh Almaz Central Marine Design Bureau (bagian dari United Shipbuilding Corporation) untuk Angkatan Laut Rusia. Kapal-kapal ini termasuk generasi baru pasukan pembersih ranjau.

Kelas Alexandrit dirancang untuk memerangi ranjau laut baik di permukaan laut maupun di bawah permukaan laut tanpa memasuki zona bahaya.

Untuk memerangi ranjau, kapal berbobot 890 ton ini dapat menggunakan berbagai jenis pukat dan kendaraan bawah air tak berawak yang dapat dikendalikan dari jarak jauh maupun secara otonom.

Kelas Alexandrit memiliki panjang 61,6 m. Kapal yang diawaki oleh 44 personel ini dapat berlayar selama 10 hari dan menempuh jarak sejauh 1.500 mil laut.

Proyek 12700 ditenagai oleh dua mesin diesel M-503M1 serta dilengkapi dengan dua baling-baling kemudi dengan nozel dan dua pendorong melintang.

Untuk persenjataan, kapal dilengkapi satu meriam otomatis 30mm AK-306 SAM, sistem rudal permukaan-ke-udara (SAM) jarak pendek 9K38 Igla, dudukan senapan mesin alas laut MTPU kaliber 14,5 mm, serta ranjau seri UDM, MTPK dan PMR.

AL Rusia telah menerima empat kapal penyapu ranjau kelas Alexandrit

Sejauh ini AL Rusia telah menerima empat kapal penyapu ranjau kelas Alexandrit, yaitu Aleksandr Obukhov, Ivan Antonov, Vladimir Yemelyanov, dan Yakov Balyaev.

Rusia membuat kapal penyapu ranjau kelas Alexandrit untuk memenuhi kebutuhan AL Rusia. Namun demikian, Rusia juga menyiapkan kapal ini untuk dieskpor ke negara lain, yaitu Alexandrit-E.

Kapal ini dilengkapi sistem otomatis perang anti-ranjau Diez, yaitu kemampuan mengarahkan aktivitas sekelompok kapal lain untuk penanggulangan ranjau.

Pada Indo Defence 2016, Rusia pertama kali memperkenalkan versi ekspor Alexandrit-E di Jakarta. Rusia mengatakan, kapal ini memiliki prospek yang bagus untuk pasar Asia Tenggara.

Rhandy F

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *