Tahap Rawa Laut, Latihan Pemantapan Yonif Raider 514 Kostrad

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rawa Laut merupakan salah satu tahapan dari Latihan Pemantapan yang dilaksanakan oleh Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 514 “Sabaddha Yudha” Kostrad yang berlokasi di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Dalam kegiatan ini dilaksanakan praktik latihan yaitu Pancangan Kaki Pantai (PKP) dan Renang Taktis.

Prajurit melaksanakan infiltrasi dengan cara PKP atau dayung perahu LCR dan berenang secara taktis sambil membawa beban perlengkapan tempur hingga jarak 1.000 meter. Seluruh tahapan kegiatan latihan ini dilaksanakan di kawasan Bondowoso pada 17 Desember 2020.

Penerangan Kostrad mengatakan, latihan Renang Taktis merupakan kegiatan yang diprogramkan dalam Latihan Pemantapan untuk memelihara serta meningkatkan kemampuan perorangan prajurit Raider.

Baca Juga: Pertajam Kemampuan, 17 Taruna Akmil Jalani Latihan CQB di Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad

Dijelaskan, setiap prajurit Raider harus memiliki kemampuan menuju ke sasaran musuh, dengan tujuan seluruh daerah musuh dapat dikuasai dengan cara PKP maupun berenang secara taktis dengan membawa perlengkapan tempur.

Oleh karena itu, sebelum para anggota melaksanakan latihan, mereka mendapat materi Renang Taktis terlebih dahulu termasuk renang dasar gaya dada dan renang militer.

Raider 514Penkostrad

Latihan ini juga dilaksanakan untuk melatih para prajurit sebelum dihadapkan dengan medan tugas yang penuh dengan risiko yang tinggi, seperti halnya melintasi rawa, lautan, dan sungai.

Renang Taktis merupakan salah satu keterampilan dan ketangkasan bagi para prajurit Raider yang wajib dimiliki, khususnya dalam hal ini oleh Batalyon Infanteri Raider 514 Kostrad.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *