Platform baru ranpur Bumerang akan jalani uji negara pada 2021

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Platform baru kendaraan tempur (ranpur) Bumerang akan memasuki tahap uji coba negara Rusia pada 2021. Platform yang akan menjalani uji coba negara ini adalah varian angkut personel terbaru K-16 dan kendaraan tempur infanteri beroda ban K-17.

CEO Perusahaan Industri Militer (VPK) Alexander Krasovitsky mengatakan, sebelum ini ranpur yang dibangun di atas platform Bumerang telah lolos uji pendahuluan.

“Setelah uji coba, kami menerapkan sejumlah permintaan pelanggan, meng-upgrade kendaraan, dan memproduksi unit baru dengan mempertimbangkan semua perubahan. Sekarang, mesin sudah siap untuk uji coba negara, direncanakan musim semi tahun depan,” jelas Krasovitsky seperti diberitakan TASS pada 18 Desember 2020.

Baca Juga: Rosoboronexport luncurkan ranpur amfibi Bumerang versi ekspor

Pada April lalu VPK menyatakan, ranpur Bumerang baru yang telah disempurnakan akan memiliki bodi yang lebih besar dan daya apung yang lebih baik.

Kabin ranpur baru tersebut dapat menampung pasukan dengan perlengkapan penuh lebih leluasa.

Ranpur K-16 dan K-17 Bumerang pertama kali ditampilkan pada Parade Kemenangan tahun 2015.

Varian dasar K-16 APC dilengkapi modul tempur Epokha dengan senapan mesin 12,7 mm.

Sementara varian dasar K-17 dilengkapi dengan modul tempur Epokha dan persenjataan yang lebih berat. Yaitu dua senapan mesin kaliber 7,62 mm, kanon otomatis kaliber 30 mm, dan rudal antitank Kornet.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *