Embraer kirimkan pesawat angkut C-390 Millenium keempat ke AU Brasil

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Embraer telah mengirimkan pesawat angkut militer multiguna C-390 Millenium keempat kepada Angkatan Udara Brasil (FAB). Pesawat akan bergabung dengan tiga C-390 yang telah diterima FAB sebelumnya di Grup Angkut Pasukan Pertama (1st GTT).

Embraer pada 19 Desember 2020 mengatakan, sebanyak 28 unit C-390 Millenium telah dipesan oleh pemerintah Brasil dan akan dikirimkan secara bertahap untuk mengisi jajaran pesawat angkut FAB.

Seluruh pesawat yang dipesan memiliki kemampuan sebagai pesawat tanker (KC-390) untuk melakukan pengisian bahan bakar di udara kepada pesawat FAB lainnya.

C-390 mendukung misi-misi yang beragam

Panglima Angkatan Udara Brasil Letnan-Brigadir Antonio Carlos Moretti Bermudez mengatakan, armada C-390 mampu mendukung misi-misi yang beragam di seluruh wilayah Brasil dan bahkan hingga ke luar negeri, termasuk mendukung operasi kemanusiaan penanggulangan COVID-19.

Sejak awal wabah COVID-19, FAB telah mengerahkan C-390 dalam misi transportasi udara logistik, membawa berton-ton pasokan penting untuk memerangi pandemi di Brasil.

FAB juga mengoperasikan salah satu pesawat ini dalam misi kemanusiaan ke Republik Libanon untuk mendukung penduduk Beirut pada Agustus lalu.

Embraer mengklaim, C-390 maupun KC-390 Millennium mampu terbang lebih cepat dan membawa lebih banyak kargo daripada pesawat kargo militer lain di kelasnya.

Pesawat ini juga hanya membutuhkan sedikit inspeksi dan pemeliharaan yang tidak rumit.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *