Koopsau III akan gelar Latihan Survival Tempur “Digdaya Yudha 2020”

CN235 Skadron Udara 27_Letkol Pnb Yoga/Skadron Udara 27

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Koopsau) III akan menggelar Latihan Survival Tempur bersandi “Digdaya Yudha 2020”. Sebelum latihan dimulai Asisten Operasi Koopsau III Kolonel Pnb Agus Setiawan, ST memimpin briefing kesiapan Latihan Survival Tempur dengan para Wasdal, pelatih, dan pendukung. Briefing dilaksanakan di Makoopsau III Biak, Papua pada Kamis (10/12).

Laihan Survival Tempur  bertujuan meningkatkan kemampuan para awak pesawat untuk dapat mempertahanakan diri dari upaya penangkapan oleh pihak musuh dan melakukan tindakan penyelamatan saat menghadapi keadaan darurat.

Hal itu dikatakan Panglima Koopsau III Marsekal Muda TNI Ir. Novyan Samyoga, MM dalam amanat yang dibacakan Asops Koopsau III.

Ditambahkan, latihan ini juga untuk meningkatkan kesiapsiagaan operasi dan performa di masa damai. Selain itu, untuk untuk meningkatkan kemapuan staf Makoopsau III dalam merencanakan dan mengendalikan latihan Survival Tempur Koopsau III Digdaya Yudha TA 2020.

Latihan rencananya akan dikaksanakan di kawasan Dermaga BMJ dan Ksatrian Yonko 468 Sarotama, Biak selama dua hari pada 16-17 Desember 2020.

Tema latihan ini adalah “Koopsau III Melaksanakan latihan Survival Tempur Digdaya Yudha Tahun Angggaran 2020 di Wilayah Biak Samofa sebagai sarana untuk meningkatkan kesiapsiagaan operasional awak pesawat serta mendukung keberhasilan tugas Koopau III”.

Para peserta Latihan Survival Tempur akan malaksanakan mekanisme permintaan pertolongan dari survivor kepada Tim SAR dengan menghindar dari bahaya musuh.

Digdaya Yudha IIIPenkoopsau III

Selain itu juga melaksanakan Jungle and Sea Survival serta SERE (Survival, Evacuation, Resistance and Escape).

Sebanyak 30 personel yang akan mengikuti latihan ini berasal dari lanud di jajaran Koopsau III seperti Lanud Manuhua Biak, Lanud Silas Papare Jayapura, Lanud Johanes Abraham Dimara Merauke, dan Lanud Yohanis Kapiyau Timika.

Latihan ini juga melibatkan Batalyon Komando 468 Paskhas, Kantor SAR Biak, dan Polisi Perairan dan Udara Polres Biak.

Pasok sayuran ke Super Market

Sementara itu Koopsau III pada Selasa (8/12) bersama desa binaannya yaitu Kampung Binyeri berhasil memasok sayuran ke Super Market Hadi Kabupaten Biak.

Sayuran jenis Pak Coy yang di panen ini merupakan salah satu jenis sayuran baru di Kabupaten Biak yang ditanam oleh masyarakat tanpa menggunakan pupuk kimia dan sangat baik untuk kesehatan.

Bibit sayuran tersebut didatangkan langsung oleh Asisten Komunikasi Koopsau III Kolonel Liliki Irianto dari kota Lembang Bandung.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *