C-130 Hercules Skadron Udara 32 bagikan bantuan dari udara

cargo drop from c-130_1Penlanud Abd

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pesawat C-130 Hercules Skadron Udara 32 melaksanakan kegiatan cargo dropping dalam rangka memberikan bantuan sosial kepada warga akibat terdampak COVID-19 pada 7-8 Desember 2020.

Kegiatan yang dikemas dalam “Herky Charity Drop” ini selain untuk memelihara kemampuan para kru pesawat angkut C-130, juga sebagai pembinaan potensi dirgantara kepada masyarakat.

Herky Charity Drop merupakan penerjunan sembako yang dikemas dalam bentuk kargo dan berparasut melalui ramp door pesawat.

Untuk melepaskannya, pesawat C-130 terbang rendah pada ketinggian 500 feet (166 meter).

Penlanud Abd

Selanjutnya sembako tersebut dibagikan untuk warga masyarakat yang tinggal di wilayah-wilayah aset Lanud Abdulrachman Saleh yang ada di Desa Senggreng Kecamatan Sumber Pucung, Malang dan Desa Ponggok Kabupaten Blitar. Demikian kata Penerangan Lanud Abdulrachman Saleh dalam rilis beritanya.  

Usai acara pembukaan Herky Charity Drop di Hanggar Skadron Udara 32, Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Wayan Superman  menyatakan, kegiatan penerjunan barang dari pesawat untuk warga masyarakat merupakan salah satu wujud kebersamaan TNI AU umumnya dan Lanud Abdulrachman Saleh Malang pada khususnya dengan dukungan para donatur dalam upaya memberi bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkannya.

Disadari bersama, mewabahnya pandemi COVID-19 telah berdampak pada warga masyarakat yang memerlukan uluran tangan dari berbagai pihak untuk membantunya.

cargo dropPenlanud abd

”Sehingga muncul ide untuk sedikit meringankan masyarakat dengan pemberian sembako, namun dikombinasikan dengan latihan cargo dropping sekaligus untuk membangkitkan minat kedirgantaraan masyarakat dengan kehadiran pesawat terbang yang terbang rendah di wilayah aset Lanud Abdulrachman Saleh,” ujar Marsma TNI Wayan Superman.

Pada hari pertama diterjunkan 700 paket sembako yang dikemas dalam 30 kargo parasut.

Paket tersebut diterjunkan oleh para kru pesawat Hercules di Desa Senggreng, Kecamatan Sumber Pucung, Malang dan Desa Ponggok,  Kabupaten Blitar.

Pada hari kedua, diterjunkan lagi kargo berparasut di tiga lokasi meliputi Desa Pandanwangi, Lumajang, Detasemen TNI AU Jember, dan Pos TNI AU Sarongan, Rajekwesi, Banyuwangi.

Roni Sontani

One Reply to “C-130 Hercules Skadron Udara 32 bagikan bantuan dari udara”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *