Armada Typhoon RAF hadang 2 Tu-142 Rusia di wilayah udara Inggris

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Armada jet tempur Eurofighter Typhoon diluncurkan dengan segera ke udara (scrambled) untuk menghadang dua Tu-142 Rusia di wilayah udara Inggris.

Pesawat-pesawat tempur bersayap delta itu dikerahkan dari pangkalan udara RAF Lossiemouth di Skotlandia pada Sabtu pagi, 28 November 2020.

Angkatan Udara Kerajaan mengatakan, pengerahan armada Typhoon dibarengi dengan tanker RAF Voyager dari pangkalan udara RAF Brize Norton guna mendukung pengisian bahan bakar di udara.

Pesawat-pesawat militer Rusia dinilai berbahaya untuk memasuki FIR Inggris

Pesawat-pesawat militer Rusia dinilai berbahaya untuk memasuki Wilayah Informasi Penerbangan (FIR) Inggris bagi pengguna udara lainnya.

“Terutama dalam kasus ini karena wilayah udara yang sibuk di Laut Utara,” tulis RAF.

Seringkali, lanjutnya, pesawat-pesawat tersebut tidak mengoceh (squawk), yang mentransmisikan kode untuk mengidentifikasi niat, posisi, dan ketinggian pesawat, atau berbicara dengan pengawas lalu lintas udara Inggris. Hal ini dapat menyebabkan pengalihan maskapai penerbangan sipil dari daerah tersebut untuk mencegah pesawat terbang terlalu dekat.

Tu-142 Bear-FSAC Iain Curlett RAF

Russian aircraft type BEAR F, intercepted by RAF Typhoons from RAF Lossiemouth on 28th Nov 2020.

“Demi mencegah aktivitas tidak profesional ini dan mengurangi risiko terkait dengan pesawat militer Rusia yang terbang di wilayah udara internasional yang sibuk ini, armada Typhoon RAF membayangi dua Beruang Rusia dan memantau pergerakan mereka dengan cermat,” jelas RAF.

NATO juga kerahkan armada Quick Reaction Alert

Selain Inggris, sekutu NATO lainnya juga meluncurkan aset Quick Reaction Alert untuk membantu memantau pesawat Rusia tersebut.

Pengendali dilakukan oleh RAF Scampton bekerja sama dengan mitra NATO di Pusat Operasi Udara Gabungan di Uedem, Jerman.

Baca Juga: Kemhan Rusia perlihatkan video penerbangan Tu-142 dikawal MiG-31

Insiden tersebut diakhiri pada sore hari dengan kembalinya armada Typhoon ke RAF Lossiemouth dan Voyager kembali ke RAF Brize Norton.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *