Kemhan Rusia perlihatkan video penerbangan Tu-142 dikawal MiG-31

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia memperlihatkan video penerbangan Tu-142 yang dikawal oleh MiG-31. Tu-142 adalah pesawat patroli maritim jarak jauh antikapal selam. Pesawat ini merupakan modifikasi dari pembom strategis Tu-95 (NATO: Bear).

Sementara MiG-31 (NATO: Foxhound) adalah pesawat tempur pencegat supersonik. Pesawat pengganti MiG-25 (NATO: Foxbat) ini mampu terbang hingga kecepatan 2,83 Mach (3.000 km/jam).

Kemhan Rusia memberitakan, pada Sabtu (14/3) dua Tu-142 milik Armada Pasifik Rusia terbang sejauh 5.000 km di atas Lautan Pasifik dan Lautan Arktik. Penerbangan dilaksanakan secara ketat dengan mematuhi aturan internasional.

Melalui rekaman video yang diambil dari salah satu pesawat Tu-142, cuplikan penerbangan itu pun dibagikan Kemhan Rusia melalui televisi nasional Zvezda (Saluran TV Bintang).

Tampak dalam video, satu Tu-142 terbang di depan dengan dikawal oleh satu MiG-31BM.

Kemhan Rusia menerangkan, penerbangan dilaksanakan selama 12 jam melintasi perairan netral di wilayah Laut Chukotsk dan Laut Beaufort.

Disebutkan pula, penerbangan ini merupakan bagian dari latihan tempur musim dingin.

Sebelumnya pada Sabtu lalu, dua Tu-142 yang dikawal MiG-31 dicegat oleh F-35A Lightning II dan F-16 Fighting Falcon Norwegia serta Typhoon Inggris saat terbang memasuki wilayah udara di antara celah Greenland – Islandia – Inggris (GIUK).

Dua hari kemudian, pada Senin, pesawat ini kembali dicegat oleh F-22 Raptor milik Amerika Serikat dan CF-18 Hornet milik Kanada saat terbang mendekati wilayah udara Alaska, Amerika Utara.

Tidak terjadi insiden dalam penerbangan itu. Rusia menegaskan bahwa mereka terbang di atas wilayah perairan internasional. Penerbangan mereka dikawal oleh F-35, F-16, F-22, dan CF-18.

Roni Sontani

One Reply to “Kemhan Rusia perlihatkan video penerbangan Tu-142 dikawal MiG-31”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *