PK-WSX, Helikopter Tipe Bell 429 Global Ranger Buatan Tahun 2013

Hikmat Yasin

ANGKASAREVIEW.COM – Helikopter registrasi PK-WSX yang jatuh di Morowali, Sulawesi Tengah, Jumat (20/4/2018) adalah tipe Bell 429 Global Ranger buatan pabrik Bell Helicopter Textron Canada tahun 2013. Heli dengan nomor seri 57186 ini tercatat dimiliki oleh milik PT Whitesky Aviation sejak 2016.

Bell 429 memiliki panjang kabin 79 inci (2 m), lebar 60 inci (1,52 m), dan tinggi 49 inci (1,2 m). Heli yang diawaki dua orang dan dapat membawa enam penumpang ini ditenagai dua mesin turboshaft Pratt & Whitney Canada PW207D1. Heli ini termasuk ketegori Single-Pilot IFR Category A, mampu terbang dengan satu mesin manakala satu mesin lainnya mengalami masalah.

Global Ranger dikembangkan dari heli Bell 427. Heli dengan empat bilah baling-baling utama ini merupakan heli modern dengan sistem glass-cockpit dan sistem autopilot tiga sumbu (opsional empat sumbu).

Sebelumnya diberitakan, sebuah helikopter jatuh di area pertambangan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Sulawesi Tengah pukul 09.35 WITA.

internet

Heli diawaki oleh Capt.Pilot Rudi A dan teknisi EOB Daliati Gulo serta membawa enam penumpang warga negara China. Semua awak heli dan penumpang selamat, namun satu karyawan PT IMIP yang berada di bawah meninggal dunia akibat tersambar heli.

Dijelaskan pihak PT IMIP, heli lepas landas dan terbang menuju Bandara Haluoleo, Kendari, Sulawesi Tenggara pada pukul 09.15. Namun, baru beberap menit terbang, heli kembali lagi dan menuju landasan semula. Sebelum sampai, PK-WSX jatuh.

Dari data di internet, Whitesky Aviation awalnya mengoperasikan tiga unit heli Bell 429 Global Ranger, yakni PK-WSA, PK-WSW, dan PK-WSX. Untuk PK-WSA heli ini sudah berpindah tangan kepada pemilik baru, Eastern Atlantic Helicopters sejak Oktober 2017.  (RON)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *