Taiwan memulai pembangunan kapal selam dalam negeri

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Taiwan dikabarkan telah memulai pembangunan kapal selam buatan dalam negeri dengan dukungan dari Amerika Serikat.

Menurut Reuters, upacara dimulainya konstruksi kapal selam diadakan di Kaohsiung, kota pelabuhan di wilayah selatan pada 24 November 2020.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen dalam acara itu mengatakan, kapal selam merupakan peralatan penting untuk pengembangan kemampuan perang asimetris Angkatan Laut Taiwan dan untuk mencegah kapal musuh mengepung Taiwan.

Baca juga: Taiwan Produksi Korvet Rudal dan Kapal Penyebar Ranjau Pembunuh Kapal Induk

Sementara itu, mengacu pada laporan Janes pada 4 November lalu, Angkatan Laut Taiwan (ROCN), telah mengumumkan pekerjaan konstruksi kapal selam serang diesel-listrik (SSK) pertama yang dirancang dan dikembangkan di Taiwan akan dimulai sebelum akhir November tahun ini.

Kapal selam pertama dijadwalkan selesai pembuatannya tahun 2024

Kapal selam pertama Taiwan dijadwalkan selesai pada kuartal ketiga 2024. Uji coba laut dan komisioning akan dilakukan pada 2025.

Kapal selam akan dibangun di bawah Program Kapal Selam Pertahanan Pribumi, yang juga dikenal sebagai program Hai Ch’ang.

Model SSK pertama Taiwan pertama kali ditampilkan kepada publik lokal pada Mei 2019.

Kapal selam pertama akan dibangun oleh galangan kapal terbesar Taiwan, CSBC

Kapal tersebut akan dibangun oleh CSBC Corporation (sebelumnya China Shipbuilding Corporation), perusahaan pembuat kapal terbesar di Taiwan yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh negara.

Baca Juga: Taiwan membeli sistem rudal pertahanan pantai bergerak Harpoon Block II

Dalam pengembangan kapal selam ini, CSBC dibantu oleh Institut Sains dan Teknologi Nasional Chung-Shan (CSIST).

Kontrak pertama pembuatan kapal dalam negeri telah ditandatangani pada 2017 lalu.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *