Taiwan membeli sistem rudal pertahanan pantai bergerak Harpoon Block II

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan secara resmi telah memastikan akan membeli sistem rudal pertahanan pantai bergerak, Harpoon Block II buatan Boeing dari Amerika Serikat (AS).

Hal ini dikatakan Wakil Menteri Pertahanan Nasional Taiwan, Chang Zhe-Ping, seperti diberitakan Taiwan News (28/5).

Dikatakan, bila AS menyetujui, maka dijadwalkan sistem rudal ini dapat diterima oleh Taiwan pada tahun 2023.

Sistem pertahanan pantai bergerak Harpoon Block II akan dioperasikan oleh Skadron Hai Feng, Angkatan Laut Taiwan.

Sistem ini juga dapat digunakan untuk pengawasan lalu lintas pantai, menggambarkan garis komunikasi laut, identifikasi serta deteksi target.

Sistem rudal Harpoon Block II dilengkapi dengan navigasi inersial GPS untuk menghancurkan sasarannya. Rudal dengan hulu ledak 227 kg ini dapat menghancurkan beragam target seperti kapal, peluncur rudal permukaan ke udara, fasilitas industri dan lainnya.

Taiwan sebenarnya telah mampu mengembangkan rudal anti-kapal sendiri, Hsiung Feng II (HF-2). Unit-unit rudal ini dapat diluncurkan dari kapal dan dari daratan. Dengan membeli produk dari Boeing, akan makin menambah kekuatan militer negeri ini.

Empat varian sistem rudal Harpoon sudah dimiliki Taiwan. Yaitu AGM-84 yang diluncurkan dari pesawat, RGM-84 dari kapal perang permukaan, UGM-84 dari kapal selam, dan varian untuk sistem pertahanan pantai bergerak.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *