Lockheed serahkan tanker pertama KC-130J kepada USMC Reserve

KC-130JDvid Key/LM

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Lockheed Martin telah menyerahkan pesawat tanker pertama KC-130J Super Hercules kepada Marine Aerial Refueler Transport Squadron 452 (VMGR-452), yaitu skadron Marine Forces Reserve yang berlokasi di Stewart Air National Guard Base, New York.

Pesawat diterbangkan oleh para pilot US Marine Corps (USMC) dari fasilitas Lockheed Martin di Marietta, Georgia pada 28 Mei 2020 menuju rumah baru pesawat tersebut.

Lockheed Martin dalam siaran beritanya mengatakan, VMGR-452 merupakan skadron Marine Reserve kedua yang mengoperasikan KC-130J.

Skadron dengan julukan “the Yankees” ini sebelumnya telah mengoperasikan C-130 Hercules selama 30 tahun.

Skadron ini juga telah menerbangkan versi tanker KC-130 Hercules saat mendukung Operation Desert Storm, Enduring Freedom, dan Iraqi Freedom.

Lockheed mengatakan, dibandingkan dengan KC-130, KC-130J memiliki peningkatan kecepatan terbang dan efisiensi penggunaan bahan bakar.

Pesawat ini juga memiliki kapasitas muatan yang lebih besar, perangkat pertahanan terintegrasi, pelaporan kesalahan pemeliharaan otomatis, sistem hidrolik untuk pintu pada high altitude, sistem avionik terbaru, serta dua Head-Up Display.

KC-130J Super Hercules merupakan varian turunan dari C-130J yang menjadi penerus keluarga C-130 Hercules.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *