Latgab TNI 2023: F-16 melaksanakan misi perlindungan udara dan serangan laut

F-16 TS-1602TNI AU
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dalam pelaksanaan Latihan Gabungan (Latgab) TNI “Dharma Yudha” 2023, dua flight pesawat tempur F-16 TNI AU dari Skadron Udara 14 dan Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, Magetan melaksanakan misi Perlindungan Udara (Air Cover) dan Operasi Udara Lawan Laut (OULL).

Misi tersebut merupakan bagian dari Manuver Lapangan (Manlap) Latgab TNI tahun ini yang dilaksanakan di Mandala Operasi Pantai Banongan, Jawa Timur, Senin (31/7).

Boeing_contoh2

Flight pertama pesawat F-16 dengan call sign “Eagle” dipimpin oleh Komandan Skadron Udara 14 Mayor Pnb Anwar “Weasel” Sovie.

Penerbangan yang terdiri dari dua F-16 (TS-1634 dan TS-1621) ini melaksanakan misi Air Cover.

Sementara flight kedua dengan call sign “Dragon Flight” di bawah flight leader Komandan Skadron Udara 3 Letkol Pnb Pandu “Hornet” Eka Prayoga melaksanakan misi Operasi Udara Lawan Laut (OULL).

“Dragon Flight” terdiri dari dua F-16 (TS-1601 dan TS-1602) melaksanakan penghancuran terhadap kapal perang.

TNI AU dalam siarannya menyatakan, melalui Manlap TNI “Dharma Yudha” 2023, diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme para penerbang tempur TNI AU, sekaligus menguji kemampuan para prajurit dan alutsista TNI dalam menangkal dan menindak beragam ancaman terhadap kedaulatan negara dan keutuhan NKRI.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *