Dicegat Rusia di Laut Hitam, pembom B-1B disambut Su-27 dan MiG-29 Ukraina

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Duo jet tempur Su-27P dan Su-30SM milik Angkatan Kedirgantaraan Rusia (VKS) diterbangkan dengan segera (srcambled) untuk melaksanakan pencegatan (interception) terhadap dua pembom strategis B-1B milik Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) di atas Laut Hitam.

“Jet tempur Su-27P dan Su-30SM dari pasukan pertahanan reaksi cepat Distrik Militer Selatan telah diterbangkan dengan segera untuk mencegat target-target di udara,” kata Kementerian Pertahanan Rusia seperti diberitakan TASS, Jumat (29/5).

Kementerian Pertahanan Rusia menyebutkan, jet-jet tempur Rusia mendekati kedua target di udara dan telah memastikan bahwa itu adalah pembom B-1B Lancer.

Setelah didekati, kedua pembom strategis supersonik milik Paman Sam itu pun mengubah arah terbangnya menjauh dari perbatasan negara Rusia.

Su-27-B-1B-MiG-29
Ukraine MoD

Sementara itu, di hari yang sama Kementerian Pertahanan Ukraina melalui akun facebooknya memberitakan, dua pembom strategis B-1B Lancer dari Ellswort Air Force Base, South Dakota melaksanakan penerbangan jarak jauh atau penerbangan durasi lama ke seluruh kawasan Eropa dan wilayah Laut Hitam.

Kedatangan kedua pesawat pembom buatan Rockwell itu disambut oleh Su-27 dan MiG-29 milik Angkatan Udara Ukraina.

Inilah untuk pertama kalinya Gugus Tugas Bomber USAF melaksanakan misi terintegrasi dengan pesawat-pesawat tempur Ukraina.

Hal ini, kata Kementerian Pertahanan Ukraina, menunjukkan satu lagi perkembangan baru bagi Angkatan Bersenjata Ukraina menuju interoperabilitas lebih lanjut dengan negara anggota dan mitra NATO.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *