Beredar foto VCM-01, rudal jelajah anti-kapal buatan Vietnam

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Beredar foto yang memperlihatkan rudal jelajah anti-kapal buatan dalam negeri Vietnam yaitu VCM-01 (Viettel Cruise Missile-01). Rudal ini disebut merupakan pengembangan terbaru dari KCT-15.

KCT-15 tidak lain adalah produk lisensi Vietnam dari rudal Kh-35UE (AS-20 Kayak versi ekspor) buatan Rusia. Rudal ini memiliki jarak jangkau terhadap sasaran sejauh 260 km.

Sementara untuk VCM-01, seperti diunggah oleh akun facebook VietDefense, dilengkapi hulu ledak seberat 300 kg dan mampu menjangkau jarak sejauh 300 km.

Roni Sontani

5 Replies to “Beredar foto VCM-01, rudal jelajah anti-kapal buatan Vietnam”

  1. Hebat Vietnam, sudah bisa produksi sendiri dengan jelajah 300 Km dan hulu ledak 300 Kg, sekalilun itu lisensi, tapi suatu langkah konret yang bagus untuk kemandirian. Bagaimana dengan Indonesia?
    Rudal apa yang sudah diproduksi Indonesia untuk jelajah di atas 300 Km?

  2. pantesan aja vietnam juga berani melindungi nelayannya beroperasi di natuna. Kalau program ifx, kapal selam dan rudal jelajah tidak dalam proyek strategis nasional yg harus direalisasikan secepatnya, hemat saya, indonesia tidak mempunyai sistem keamanan yg meyakinkan akan menjaga keutuhan nkri. Dan juga perlunya lapan didorong agar peluncuran roket satelit dan satelit militer buatan sendiri perlu dipercepat karena komplik geopolitik kawasan yg semakin panas. Dan juga sadari, kita anggota non blok. Artinya kita, indonesia, harus mandiri industri militernya secara penuh diseluruh matra. Fokus dan kejar target secepat mungkin, saya yakin indonesia bisa. Semua terkait mental pejabat, terutama menhankam. Kalau bisa menhankam dalam periode ini bekerja keras membuktikan diri semua itu terealisai dgn baik, baru bisa dikatakan menhankam yg sukses. Bukan dgn cara membeli tapi produksi sendiri dgn pola tot atau kolaborasi terserah yg penting kita mandiri dalam pengadaan alutsistav. Jika cina, turki bisa kenapa kita tidak

  3. Nah loh …..vietnam aja bs bikin rudal jelajah.Pakar insinyur Indonesia ngapain saja ..piknik.studi bading…tiktokan .dr dl negara kita selalu tertinggl.apalagi generasi sekarang…payah

  4. bietnam negara kecil mempunyai konsep hankam yg besar, tapi indonesia negara besar konsep hankam tidak besar. Tidak mau tot rudal dgn rusia tapi pakai kemampuan sendiri, ya patut dihargai juga, tapi tidak selesai selesai, keburu bombardir oleh musuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *